NADINE RIZMAHENDRA (2025) MANAJEMEN PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT OPERA PASTRY CAFE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Manajemen Pengelolaan Media Sosial Instagram Untuk Meningkatkan Engagement Opera Pastry Cafe”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pengelolaan media sosial Instagram Opera Pastry Cafe dalam meningkatkan engagement dan menjelaskan apa saja faktor pendukung dan hambatan dalam melakukan manajemen pengelolaan media sosial Instagram Opera Pastry Cafe. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, menggunakan teknik wawancara, observasi serta dokumentasi. Peneliti mendapatkan hasil penelitian yaitu, pada tahap perencanaan konten pengelola opera melakukan beberapa hal: membuat tabel konten, memanfaatkan semua fitur-fitur Instagram serta mengajak beberapa selebgram untuk bekerja sama dalam pembuatan konten promosi. Pada pengorganisasian konten, pengelola opera melakukan beberapa hal: pelaksanaan pengunggahan konten dan pengawasan konten. Faktor pendukung dalam melakukan manajemen pengelolaan media sosial Instagram Opera Pastry Cafe untuk meningkatkan engagement, yaitu: pembuatan konten dengan visual yang menarik, adanya keterlibatan audience dalam melakukan like, serta adanya kolaborasi dengan influencer-influencer bisa menjangkau jangkauan yang lebih luas lagi dalam mendapatkan audience baru. Sedangkan, faktor penghambatnya yaitu: adanya persaingan yang di dunia FnB sehingga menjadi tantangan untuk admin/pengelola sosial media dalam mendapatkan ide-ide untuk konten-konten Instagram agar lebih menarik dibandingkan pesaing, terhambat oleh algoritma Instagram yang sulit untuk di prediksi serta kurangnya konsistensi dalam membuat sebuah konten.

Dosen Pembimbing: Fajar Junaedi, Dr., S.Sos., M.Si. | NIDN0520057901
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Management, Engagement, Social Media
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Bima
Date Deposited: 19 Jun 2025 03:42
Last Modified: 19 Jun 2025 03:42
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51507

Actions (login required)

View Item View Item