SELI MAHENDRA SUCI (2025) PENGARUH EDUKASI POSTPARTUM TERHADAP PARENTING SELF EFFICACY PADA IBU POSTPARTUM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (2MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (685kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (278kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (832kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Latar Belakang : Masa postpartum adalah periode krisis bagi ibu dan keluarga, di mana terjadi perubahan fisik, emosional, psikologis, dan sosial yang memerlukan adaptasi. Selama periode ini, ibu baru mengalami transisi peran sebagai orang tua, yang membutuhkan keyakinan pada diri sendiri atau self-efficacy. Parenting selfefficacy, yang merupakan keyakinan orang tua terhadap kemampuan mereka dalam mengasuh anak, sangat penting untuk perkembangan anak dan kesejahteraan ibu. Faktor-faktor seperti dukungan sosial, pengalaman, dan kondisi psikologis mempengaruhi efikasi diri ini. Edukasi postpartum menjadi strategi penting untuk meningkatkan parenting self-efficacy, membantu ibu menyesuaikan diri dengan peran baru mereka dan melaksanakan tugas pengasuhan dengan lebih efektif. Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh edukasi postpartum terhadap parenting self efficacy pada ibu postpartum. Metode: Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitaif praeksperimental dengan one-group pretest-post-test design. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling di Rumah Sakit X. Responden penelitian sebanyak 36 Ibu postpartum. Uji statistik dalam penelitian ini dengan uji Wilcoxon. Hasil : Gambaran Parenting Self Efficacy pada ibu postpartum setelah intervensi meningkat dari 5.07 menjadi 10. Hasil uji statistik didapatkan bahwa nilai p value 0.001. Terdapat pengaruh pemberian edukasi Kesehatan terhadap Parenting Self Efficacy pada ibu postpartum. Kesimpulan : Pemberian edukasi dalam bentuk video merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan self efficacy ibu postpartum. Dalam penelitian terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara edukasi postpartum dengan parenting self efficacy ibu postpartum.
| Dosen Pembimbing: | Riski Oktafia, M.Kep., Ns., Sp.Kep.Mat | NIDN0519108601 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Education, Parenting Self Efficacy, Postpartum Mothers |
| Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Keperawatan |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 19 Jun 2025 03:33 |
| Last Modified: | 19 Jun 2025 03:33 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51513 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
