SELI MAHENDRA SUCI (2025) PENGARUH EDUKASI POSTPARTUM TERHADAP PARENTING SELF EFFICACY PADA IBU POSTPARTUM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Masa postpartum adalah periode krisis bagi ibu dan keluarga, di mana terjadi perubahan fisik, emosional, psikologis, dan sosial yang memerlukan adaptasi. Selama periode ini, ibu baru mengalami transisi peran sebagai orang tua, yang membutuhkan keyakinan pada diri sendiri atau self-efficacy. Parenting selfefficacy, yang merupakan keyakinan orang tua terhadap kemampuan mereka dalam mengasuh anak, sangat penting untuk perkembangan anak dan kesejahteraan ibu. Faktor-faktor seperti dukungan sosial, pengalaman, dan kondisi psikologis mempengaruhi efikasi diri ini. Edukasi postpartum menjadi strategi penting untuk meningkatkan parenting self-efficacy, membantu ibu menyesuaikan diri dengan peran baru mereka dan melaksanakan tugas pengasuhan dengan lebih efektif. Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh edukasi postpartum terhadap parenting self efficacy pada ibu postpartum. Metode: Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitaif praeksperimental dengan one-group pretest-post-test design. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling di Rumah Sakit X. Responden penelitian sebanyak 36 Ibu postpartum. Uji statistik dalam penelitian ini dengan uji Wilcoxon. Hasil : Gambaran Parenting Self Efficacy pada ibu postpartum setelah intervensi meningkat dari 5.07 menjadi 10. Hasil uji statistik didapatkan bahwa nilai p value 0.001. Terdapat pengaruh pemberian edukasi Kesehatan terhadap Parenting Self Efficacy pada ibu postpartum. Kesimpulan : Pemberian edukasi dalam bentuk video merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan self efficacy ibu postpartum. Dalam penelitian terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara edukasi postpartum dengan parenting self efficacy ibu postpartum.

Dosen Pembimbing: Riski Oktafia, M.Kep., Ns., Sp.Kep.Mat | NIDN0519108601
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Education, Parenting Self Efficacy, Postpartum Mothers
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Keperawatan
Depositing User: Bima
Date Deposited: 19 Jun 2025 03:33
Last Modified: 19 Jun 2025 03:33
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51513

Actions (login required)

View Item View Item