ATHAYA RANA CAMILA GUSTANDANG (2025) PENYELESAIAN PENGADUAN MASYARAKAT ATAS PELAYANAN PUBLIK OLEH PENYELENGGARA PELAYANAN PUBLIK DI PDAM KOTA CIREBON. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (642kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (176kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
PDAM sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) memiliki tanggung jawab dalam menyediakan layanan air bersih yang optimal bagi masyarakat, termasuk distribusi air minum, pengelolaan air limbah, serta fasilitas pendukung seperti hidran kebakaran dan pompa drainase. Meskipun peraturan sudah ada, namun penerapannya kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyelesaian pengaduan masyarakat yang di terapkan oleh PDAM Kota Cirebon dan mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi PDAM Kota Cirebon dalam menyelesaikan pengaduan masyarakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan wawancara. Sampel penelitian ini adalah dua orang yang terdiri dari Kepala bagian PELLANG dan staff distribusi PDAM. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masih terdapat permasalahan yang harus diperbaiki oleh PDAM Kota Cirebon. Kesimpulan penelitian ini adalah pelayanan yang diberikan oleh PDAM masih kurang memuaskan seperti kesalahan pencatatan, ketidaksesuaian tagihan, serta perubahan kebijakan tarif. Oleh karena itu, disarankan kepada PDAM untuk memperbaiki layanan yang terdapat di PDAM Kota Cirebon agar masyarakat dapat menikmati layanannya dengan maksimal. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan referensi bagi pihak-pihak yang bersangkutan dalam melayani maskyarakat yang menggunakan jasa yang diberikan oleh PDAM Kota Cirebon.
| Dosen Pembimbing: | Beni Hidayat, Dr., S.H., M.Hum. | NIDN0531127301 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Clean Water Services, PDAM, Public Services |
| Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Hukum |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 23 Jun 2025 02:00 |
| Last Modified: | 23 Jun 2025 02:00 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51524 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
