ATHAYA RANA CAMILA GUSTANDANG (2025) PENYELESAIAN PENGADUAN MASYARAKAT ATAS PELAYANAN PUBLIK OLEH PENYELENGGARA PELAYANAN PUBLIK DI PDAM KOTA CIREBON. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (642kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PDAM sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) memiliki tanggung jawab dalam menyediakan layanan air bersih yang optimal bagi masyarakat, termasuk distribusi air minum, pengelolaan air limbah, serta fasilitas pendukung seperti hidran kebakaran dan pompa drainase. Meskipun peraturan sudah ada, namun penerapannya kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyelesaian pengaduan masyarakat yang di terapkan oleh PDAM Kota Cirebon dan mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi PDAM Kota Cirebon dalam menyelesaikan pengaduan masyarakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan wawancara. Sampel penelitian ini adalah dua orang yang terdiri dari Kepala bagian PELLANG dan staff distribusi PDAM. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masih terdapat permasalahan yang harus diperbaiki oleh PDAM Kota Cirebon. Kesimpulan penelitian ini adalah pelayanan yang diberikan oleh PDAM masih kurang memuaskan seperti kesalahan pencatatan, ketidaksesuaian tagihan, serta perubahan kebijakan tarif. Oleh karena itu, disarankan kepada PDAM untuk memperbaiki layanan yang terdapat di PDAM Kota Cirebon agar masyarakat dapat menikmati layanannya dengan maksimal. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan referensi bagi pihak-pihak yang bersangkutan dalam melayani maskyarakat yang menggunakan jasa yang diberikan oleh PDAM Kota Cirebon.

Dosen Pembimbing: Beni Hidayat, Dr., S.H., M.Hum. | NIDN0531127301
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Clean Water Services, PDAM, Public Services
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Hukum
Depositing User: Bima
Date Deposited: 23 Jun 2025 02:00
Last Modified: 23 Jun 2025 02:00
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51524

Actions (login required)

View Item View Item