MUKHAMMAD FAIQUR RIJAL (2025) UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN POS BANTUAN HUKUM DI PENGADILAN NEGERI BANTUL MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 16 TAHUN 2011 TENTANG BANTUAN HUKUM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (479kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (226kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (879kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (769kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pelayanan posbakum merupakan sarana yang diberikan oleh pemerintah yang diberikan secara gratis, dalam praktiknya sering kali menimbulkan berbagai masalah. Permasalahan tersebut tentu akan merugikan kepada pihak yang membutuhkan bantuan tersebut. Meskipun regulasi sudah ada, namun penerapannya tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan posbakum Pengadilan Negeri Bantuk dan menganalisis kendala yang terdapat di Posbakum tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan wawancara. Sampel penelitian ini adalah 7 orang yang terdiri dari Hakim, Petugas PTSP, Lawyer posbakum pengadilan negeri Bantul, dan masyarakat yang menggunakan layanan posbakum. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masih terdapat permasalahan yang harus diperbaiki oleh posbakum pengadilan negeri Bantul. Kesimpulan penelitian ini adalah pelayanan yang diberikan oleh posbakum masih kurang memuaskan seperti kurangnya sosialisasi kepada masyarakat, jumlah SDM yang terdapat di posbakum pengadilan negeri bantul, dan kualitas SDM posbakum. Oleh karena itu, disarankan kepada posbakum pengadilan negeri Bantul untuk memperbaiki layanan yang terdapat di posbakum pengadilan negeri Bantul agar masyarakat dapat menikmati layanan posbakum dengan maksimal. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan referensi bagi pihak-pihak yang bersangkutan dalam merancang kebijakan terkait pelayanan yang terdapat di setiap posbakum pengadilan negeri, peran posbakum adalah untuk melayani masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum secara gratis.
| Dosen Pembimbing: | Sunarno, S.H., M.Hum., Ph.D. | NIDN0528127201 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Legal Aid, Public Services, Posbakum |
| Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Hukum |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 23 Jun 2025 02:01 |
| Last Modified: | 23 Jun 2025 02:01 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51525 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
