MUKHAMMAD FAIQUR RIJAL (2025) UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN POS BANTUAN HUKUM DI PENGADILAN NEGERI BANTUL MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 16 TAHUN 2011 TENTANG BANTUAN HUKUM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (479kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pelayanan posbakum merupakan sarana yang diberikan oleh pemerintah yang diberikan secara gratis, dalam praktiknya sering kali menimbulkan berbagai masalah. Permasalahan tersebut tentu akan merugikan kepada pihak yang membutuhkan bantuan tersebut. Meskipun regulasi sudah ada, namun penerapannya tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan posbakum Pengadilan Negeri Bantuk dan menganalisis kendala yang terdapat di Posbakum tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan wawancara. Sampel penelitian ini adalah 7 orang yang terdiri dari Hakim, Petugas PTSP, Lawyer posbakum pengadilan negeri Bantul, dan masyarakat yang menggunakan layanan posbakum. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masih terdapat permasalahan yang harus diperbaiki oleh posbakum pengadilan negeri Bantul. Kesimpulan penelitian ini adalah pelayanan yang diberikan oleh posbakum masih kurang memuaskan seperti kurangnya sosialisasi kepada masyarakat, jumlah SDM yang terdapat di posbakum pengadilan negeri bantul, dan kualitas SDM posbakum. Oleh karena itu, disarankan kepada posbakum pengadilan negeri Bantul untuk memperbaiki layanan yang terdapat di posbakum pengadilan negeri Bantul agar masyarakat dapat menikmati layanan posbakum dengan maksimal. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan referensi bagi pihak-pihak yang bersangkutan dalam merancang kebijakan terkait pelayanan yang terdapat di setiap posbakum pengadilan negeri, peran posbakum adalah untuk melayani masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum secara gratis.

Dosen Pembimbing: Sunarno, S.H., M.Hum., Ph.D. | NIDN0528127201
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Legal Aid, Public Services, Posbakum
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Hukum
Depositing User: Bima
Date Deposited: 23 Jun 2025 02:01
Last Modified: 23 Jun 2025 02:01
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51525

Actions (login required)

View Item View Item