DWI CAHYO RAMADI (2025) KARAKTERISASI SAMBUNGAN CONTINUOUS DRIVE FRICTION WELDING BAHAN DISSIMILAR METAL BAJA S45C-TEMBAGA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (743kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pengelasan cair (fusion welding) merupakan metode penyambungan logam yang paling banyak dilakukan pada industri manufaktur. Akan tetapi, metode ini belum bisa menghasilkan kekuatan sambungan yang optimal pada pengelasan logam berbeda jenis (dissimilar metal). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi tekanan gesek pada hasil penyambungan logam metode Continuous Drive Friction Welding (CDFW) bahan dissimilar metal baja S45C-tembaga terhadap sifat tarik, struktur mikro, dan nilai kekerasan. Penelitian ini menggunakan metode Continuous Drive Friction Welding (CDFW) dan parameter yang digunakan yaitu variasi tekanan gesek 40 MPa, 50 MPa, dan 60 MPa. Pengujian yang dilakukan yaitu pengujian cacat lasan dengan dye penetrant, pengujian tarik sesuai standar ASTM E-8, pengamatan struktur mikro, dan pengujian kekerasan Vickers. Hasil pengujian cacat lasan dengan dye penetrant menunjukkan bahwa beberapa hasil pengelasan metode CDFW terdapat cacat retak pada permukaan lasan. Hasil pengujian tarik pada variasi tekanan gesek 50 MPa didapat nilai kekuatan tarik rata-rata sebesar 90,5 MPa dengan efisiensi 35% dan pada variasi tekanan gesek 60 MPa sebesar 97 MPa dengan efisiensi 38%. Hasil pengamatan struktur mikro daerah tepi sambungan variasi tekanan gesek 60 MPa pada material baja S45C memiliki ukuran butiran lebih kecil yang beraturan, lebih halus, dan lebih rapat, sedangkan pada material tembaga memiliki ukuran butiran lebih kecil yang beraturan, lebih kasar, dan lebih memanjang. Hasil pengujian kekerasan Vickers menunjukkan bahwa peningkatan tekanan gesek dapat menurunkan nilai kekerasan di daerah HAZ baik pada baja S45C maupun tembaga berturut-turut, untuk nilai kekerasan variasi tekanan gesek 50 MPa dan 60 MPa sebesar 195,3 VHN menjadi 189,3 VHN dan 70 VHN menjadi 69,7 VHN.

Dosen Pembimbing: Totok Suwanda, Dr. Ir., S.T., M.T. and Aris Widyo Nugroho, Ir., S.T., MT., Ph.D. | NIDN0504036901, NIDN0507037001
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: CDFW, shear stress, tensile properties, microstructure, hardness, S45C steel, copper
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Bima
Date Deposited: 26 Jun 2025 02:34
Last Modified: 26 Jun 2025 02:34
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51539

Actions (login required)

View Item View Item