MUHAMMAD AGUS SETIAWAN (2025) EFEKTIVITAS INOVASI PELAYANAN “NEW SAKPOLE” MELALUI PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN KENDAL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (572kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (988kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (898kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (742kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (724kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas inovasi pelayanan publik melalui aplikasi NewSakpole dalam memudahkan pembayaran pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Kendal. Inovasi ini merupakan terobosan dari Pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pelayanan, memperluas akses masyarakat terhadap layanan digital, serta mendorong peningkatan pendapatan daerah dari sektor pajak kendaraan bermotor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan lokasi penelitian di UPPD Samsat Kendal dan Badan Pengelola Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Tengah. Sumber data terdiri dari data primer yang diperoleh langsung dari lapangan dan data sekunder berupa dokumen pendukung. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan secara sistematis untuk menginterpretasikan temuan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas NewSakpole masih tergolong rendah. Indikator keuntungan relatif hanya mencapai efektivitas sekitar 40%, kesesuaian ±60%, kerumitan 55%–60%, kemungkinan dicoba ±58%, dan kemudahan diamati yang paling tinggi, yaitu 80%–85%. Hambatan utama berasal dari ketakutan masyarakat terhadap sistem digital (risk aversion), prosedur birokratis yang belum efisien, serta tidak adanya sistem penghargaan yang memotivasi petugas pelaksana di lapangan. Dalam hal ini untuk mengoptimalkan implementasi NewSakpole, yaitu dengan meningkatan literasi digital kepada masyarakat, menyederhanaan birokrasi internal antarinstansi, dan pemberian insentif bagi petugas yang berkontribusi aktif. Dengan hal itu, maka diharapkan NewSakpole dapat berkembang menjadi inovasi pelayanan publik yang lebih inklusif, adaptif, dan berdampak nyata dalam mendorong kepatuhan pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Kendal.
| Dosen Pembimbing: | Atik Septi Winarsih, Dra., M.Si. | NIDN0520096601 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Service Innovation, NewSakpole, Motor Vehicle Tax, Kendal District |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Pemerintahan |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 26 Jun 2025 02:25 |
| Last Modified: | 26 Jun 2025 02:25 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51543 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
