MUHAMMAD AGUS SETIAWAN (2025) EFEKTIVITAS INOVASI PELAYANAN “NEW SAKPOLE” MELALUI PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN KENDAL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (572kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (898kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas inovasi pelayanan publik melalui aplikasi NewSakpole dalam memudahkan pembayaran pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Kendal. Inovasi ini merupakan terobosan dari Pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pelayanan, memperluas akses masyarakat terhadap layanan digital, serta mendorong peningkatan pendapatan daerah dari sektor pajak kendaraan bermotor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan lokasi penelitian di UPPD Samsat Kendal dan Badan Pengelola Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Tengah. Sumber data terdiri dari data primer yang diperoleh langsung dari lapangan dan data sekunder berupa dokumen pendukung. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan secara sistematis untuk menginterpretasikan temuan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas NewSakpole masih tergolong rendah. Indikator keuntungan relatif hanya mencapai efektivitas sekitar 40%, kesesuaian ±60%, kerumitan 55%–60%, kemungkinan dicoba ±58%, dan kemudahan diamati yang paling tinggi, yaitu 80%–85%. Hambatan utama berasal dari ketakutan masyarakat terhadap sistem digital (risk aversion), prosedur birokratis yang belum efisien, serta tidak adanya sistem penghargaan yang memotivasi petugas pelaksana di lapangan. Dalam hal ini untuk mengoptimalkan implementasi NewSakpole, yaitu dengan meningkatan literasi digital kepada masyarakat, menyederhanaan birokrasi internal antarinstansi, dan pemberian insentif bagi petugas yang berkontribusi aktif. Dengan hal itu, maka diharapkan NewSakpole dapat berkembang menjadi inovasi pelayanan publik yang lebih inklusif, adaptif, dan berdampak nyata dalam mendorong kepatuhan pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Kendal.

Dosen Pembimbing: Atik Septi Winarsih, Dra., M.Si. | NIDN0520096601
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Service Innovation, NewSakpole, Motor Vehicle Tax, Kendal District
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Bima
Date Deposited: 26 Jun 2025 02:25
Last Modified: 26 Jun 2025 02:25
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51543

Actions (login required)

View Item View Item