AKBAR ANDI PUTRA (2025) PENCEGAHAN KOROSI PADA BETON GEOPOLIMER MENGGUNAKAN METODE PATCH REPAIR DAN SISTEM PROTEKSI KATODIK ANODA DALAM PAPARAN BASAH KERING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (228kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Iklim tropis berpotensi memicu terjadinya korosi pada struktur beton bertulang. Korosi ini umumnya disebabkan oleh proses karbonasi atau penetrasi ion klorida, yang dapat menimbulkan kerugian signifikan dalam dunia konstruksi. Oleh karena itu, upaya pencegahan korosi menjadi sangat penting guna mengurangi risiko kerusakan pada beton bertulang. Spesimen yang digunakan dalam penelitian terdiri dari beton geopolimer berbasis abu terbang (fly ash). Spesimen dibagi ke dalam beberapa variasi salah satunya variasi kondisi basah kering. Beton bertulang merupakan material konstruksi yang banyak digunakan, namun memiliki kelemahan terhadap kerusakan akibat kondisi lingkungan, salah satu bentuk kerusakan yang paling umum adalah terjadinya korosi pada tulangan baja. Korosi ini dapat memperpendek umur beton serta memerlukan tindakan perbaikan untuk menjaga kekuatan strukturalnya. Salah satu metode perbaikan yang sering diterapkan adalah patch repair. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan Surface Zinc Cartridge sebagai sistem proteksi katodik dengan anoda korban pada metode patch repair, khususnya untuk mencegah korosi pada beton geopolimer. Penelitian ini menggunakan spesimen beton geopolimer berbasis fly ash dengan komposisi 70% fly ash dan 30% alkali aktivator sebagai bahan pengikat. Terdiri atas empat benda uji patch repair berukuran 40 cm x 15 cm x 10 cm dan dua benda uji kontrol berukuran 30 cm x 25 cm x 10 cm. Pengujian dilakukan dalam kondisi paparan siklus basah-kering.
| Dosen Pembimbing: | Pinta Astuti, Dr.Eng. Ir., S.T., M.Eng. | NIDN0527109201 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | geopolymer concrete, carbonation, corrosion, sacrificial anode, corrosion, surface zinc cartridge |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 26 Jun 2025 02:03 |
| Last Modified: | 26 Jun 2025 02:03 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51555 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
