JUSTIN MAHENDRA (2025) SOCIAL MEDIA MANAGEMENT OF THE DEPARTMENT FOR WISDOM AND PUBLIC POLICY OF THE MUHAMMADIYAH CENTRAL BOARD AS A MEANS OF PUBLIC ADVOCACY POLICY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bukti Sumbangan Buku Wisudawan] Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[thumbnail of Letter of Accepted] Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)

Abstract

Departemen Kebijaksanaan dan Kebijakan Publik Dewan Pusat Muhammadiyah dihadapkan pada tantangan seperti rendahnya pengguna keterlibatan dan perubahan algoritma platform media sosial yang berdampak efektivitas penyebaran konten. Di era digital, media sosial memainkan peran penting dalam advokasi publik, khususnya ketika masyarakat sipil organisasi meneliti manajemen media sosial Institute for Hikmah dan Kebijakan Publik Pengurus Pusat Muhammadiyah. Ini institusi memanfaatkan media sosial sebagai alat advokasi kebijakan publik. Ini Studi ini mengkaji strategi manajemen media sosial, tantangan, dan praktik yang diterapkan oleh Institut Kebijaksanaan dan Kebijakan Publik untuk meningkatkan advokasi publik dalam konteks kebijakan publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Kami mengumpulkan data melalui wawancara dengan pengelola media sosial lembaga, a tinjauan literatur, dan dokumentasi terkait. Hasil penelitian ini menggunakan platform media sosial Instagram menekankan perlunya lebih banyak hal strategi konten terstruktur dan penggunaan fitur Instagram secara optimal, seperti hashtag dan Instagram Stories, untuk meningkatkan keterlibatan audiens. Di dalam respon terhadap perubahan algoritma Instagram, lembaga ini juga perlu untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilannya dalam analisis media sosial sehingga kontennya dapat menjangkau khalayak yang lebih luas dan efektif. Ini penelitian memberikan rekomendasi untuk Lembaga Kebijaksanaan dan lainnya organisasi komunitas untuk memanfaatkan Instagram secara lebih strategis advokasi kebijakan publik.

Dosen Pembimbing: Fajar Junaedi, Dr., S.Sos., M.Si. | NIDN0520057901
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Social Media Management, Department for Wisdom, Public Policy of the Muhammadiyah, Public Advocacy Policy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Bima
Date Deposited: 26 Jun 2025 02:01
Last Modified: 26 Jun 2025 02:01
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51557

Actions (login required)

View Item View Item