MELIAN HAJRIAN (2025) STRATEGI PUBLIC RELATIONS OTORITAS JASA KEUANGAN (OJK) YOGYAKARTA DALAM MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN STAKEHOLDER EXTERNALL PEER TO PEER LENDING (P2P) TAHUN 2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (398kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (416kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (750kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Public Relations (PR) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Yogyakarta memiliki peran penting dalam menjalin hubungan baik dengan stakeholder eksternal, terutama dengan perusahaan Peer to Peer (P2P) Lending, untuk memastikan sektor keuangan berfungsi secara transparan, aman, dan terkendali. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui bagaimana Strategi Public Relations Otoritas jasa Keuangan Yogyakarta dalam menjalin hubungan baik dengan Stakeholder external dalam hal ini adalah Perusahaan Fintech Peer to Peer Lending Tahun 2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Dengan Teknik Pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam menentukan sasaran stakeholder, Public Relations Otoritas Jasa Keuangan Yogykarta bersifat sentralistik. Public Relations (PR) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Yogyakarta memegang peran strategis dalam menjaga stabilitas sektor jasa keuangan melalui hubungan yang konstruktif dengan perusahaan Peer to Peer (P2P) Lending. Peran ini diwujudkan melalui lima strategi utama: (1) peningkatan literasi dan edukasi keuangan melalui pelatihan dan webinar; (2) pengawasan serta penegakan hukum terhadap praktik ilegal bekerja sama dengan aparat penegak hukum dan Satgas Waspada Investasi; (3) kolaborasi dengan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) untuk memastikan kepatuhan regulatif; (4) penguatan citra OJK sebagai lembaga pengawas yang responsif melalui media sosial; serta (5) pengelolaan pengaduan publik melalui Aplikasi Portal Perlindungan Konsumen (APPK).
| Dosen Pembimbing: | Aswad Ishak, S.IP., M.Si. | NIDN0530107601 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Financial Services Authority, Public Relations Strategy, External Stakeholders, Peer To Peer Lending |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 30 Jun 2025 01:42 |
| Last Modified: | 30 Jun 2025 01:42 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51608 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
