AULIA DEWI SHAFA SYAFIRA (2025) A PORTRAY OF STUDENT'S DIFFICULTIES IN SPEAKING ENGLISH AT ENGLISH EDUCATION DEPARTEMENT OF A PRIVATE UNIVERISITY IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (584kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (286kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini menyelidiki kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa dalam berbicara bahasa Inggris dan strategi yang mereka gunakan untuk mengatasi tantangan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan sepuluh mahasiswa yang dipilih secara sengaja dari sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Analisis tematik digunakan untuk mengidentifikasi tema-tema utama yang terkait dengan kesulitan berbicara dan strategi penanggulangannya. Analisis tersebut mengidentifikasi lima kesulitan berbicara utama: kesalahan pengucapan, kosakata terbatas, kecemasan berbicara, ketakutan akan kesalahan tata bahasa, dan kurangnya kefasihan. Untuk mengatasi tantangan ini, mahasiswa menerapkan beberapa strategi, termasuk menyiapkan naskah pidato, memanfaatkan kata-kata yang sudah dikenal, berlatih berbicara secara teratur, dan mengelola emosi melalui pengaturan diri. Temuan tersebut menekankan peran penting dari strategi kognitif dan afektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa dan memberikan rekomendasi praktis bagi para pendidik dan lembaga untuk mendukung peserta didik dengan lebih baik. Penelitian ini membahas kesenjangan dalam penelitian sebelumnya dengan mengeksplorasi pengalaman pribadi dan strategi mahasiswa dalam mengatasi kesulitan berbicara bahasa Inggris melalui lensa kualitatif, daripada hanya berfokus pada kinerja linguistik atau hasil kuantitatif. Penelitian selanjutnya dianjurkan untuk menyelidiki kesulitan dan strategi berbicara di antara berbagai kelompok pelajar dan mengeksplorasi efektivitas jangka panjang dari strategi tertentu, terutama yang afektif, dengan menggunakan metode campuran atau desain longitudinal.
| Dosen Pembimbing: | Andi Wirantaka, S.Pd., M.Hum. | NIDN0526078601 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | speaking difficulties, speaking strategies, pronunciation |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 30 Jun 2025 01:14 |
| Last Modified: | 30 Jun 2025 01:14 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51611 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
