AULIA DEWI SHAFA SYAFIRA (2025) A PORTRAY OF STUDENT'S DIFFICULTIES IN SPEAKING ENGLISH AT ENGLISH EDUCATION DEPARTEMENT OF A PRIVATE UNIVERISITY IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (584kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menyelidiki kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa dalam berbicara bahasa Inggris dan strategi yang mereka gunakan untuk mengatasi tantangan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan sepuluh mahasiswa yang dipilih secara sengaja dari sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Analisis tematik digunakan untuk mengidentifikasi tema-tema utama yang terkait dengan kesulitan berbicara dan strategi penanggulangannya. Analisis tersebut mengidentifikasi lima kesulitan berbicara utama: kesalahan pengucapan, kosakata terbatas, kecemasan berbicara, ketakutan akan kesalahan tata bahasa, dan kurangnya kefasihan. Untuk mengatasi tantangan ini, mahasiswa menerapkan beberapa strategi, termasuk menyiapkan naskah pidato, memanfaatkan kata-kata yang sudah dikenal, berlatih berbicara secara teratur, dan mengelola emosi melalui pengaturan diri. Temuan tersebut menekankan peran penting dari strategi kognitif dan afektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa dan memberikan rekomendasi praktis bagi para pendidik dan lembaga untuk mendukung peserta didik dengan lebih baik. Penelitian ini membahas kesenjangan dalam penelitian sebelumnya dengan mengeksplorasi pengalaman pribadi dan strategi mahasiswa dalam mengatasi kesulitan berbicara bahasa Inggris melalui lensa kualitatif, daripada hanya berfokus pada kinerja linguistik atau hasil kuantitatif. Penelitian selanjutnya dianjurkan untuk menyelidiki kesulitan dan strategi berbicara di antara berbagai kelompok pelajar dan mengeksplorasi efektivitas jangka panjang dari strategi tertentu, terutama yang afektif, dengan menggunakan metode campuran atau desain longitudinal.

Dosen Pembimbing: Andi Wirantaka, S.Pd., M.Hum. | NIDN0526078601
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: speaking difficulties, speaking strategies, pronunciation
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Bima
Date Deposited: 30 Jun 2025 01:14
Last Modified: 30 Jun 2025 01:14
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51611

Actions (login required)

View Item View Item