FITRI HANDAYANI (2025) AN ANALYSIS OF TEACHERS’ STRATEGIES IN IMPLEMENTING ONLINE SPEAKING ASSESSMENT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Selama pandemi, pembelajaran dilakukan secara daring, mengharuskan guru untuk menyesuaikan strategi penilaian mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki strategi guru dalam menilai keterampilan berbicara daring dan untuk mengeksplorasi karakteristik khusus dari penilaian berbicara daring. Metode deskriptif kualitatif digunakan, dan data dikumpulkan melalui wawancara dengan tiga guru bahasa Inggris di sekolah kejuruan di Yogyakarta. Temuan penelitian mengungkapkan empat strategi penilaian berbicara daring: menetapkan tenggat waktu yang diperpanjang untuk mengatasi kendala penilaian berbicara daring; memberikan instruksi rinci sebagai strategi untuk meningkatkan penilaian berbicara daring; menerapkan berbagai jenis penilaian berbicara; dan memberikan dukungan motivasi untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam penilaian berbicara daring. Selain itu, tiga karakteristik utama penilaian berbicara daring diidentifikasi: penilaian berbicara daring harus fleksibel; penilaian berbicara daring harus dapat diakses; dan memanfaatkan berbagai platform dan media dalam penilaian berbicara daring. Kebaruan penelitian ini terletak fokusnya pada strategi guru dan karakteristik penilaian berbicara daring yang belum dieksplorasi dalam penelitian sebelumnya di sekolah menengah kejuruan. Penelitian ini memberikan wawasan bagi guru bahasa Inggris yang mengadaptasi praktik penilaian berbicara daring. Peneliti selanjutnya disarankan untuk melibatkan lebih banyak partisipan, mengeksplorasi perspektif siswa untuk memberikan pandangan yang berbeda, dan menggunakan metode penelitian lainnya.

Dosen Pembimbing: Andi Wirantaka, S.Pd., M.Hum. | NIDN0526078601
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategy, characteristics, online speaking assessment
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Bima
Date Deposited: 30 Jun 2025 01:11
Last Modified: 30 Jun 2025 01:11
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51614

Actions (login required)

View Item View Item