FITRI HANDAYANI (2025) AN ANALYSIS OF TEACHERS’ STRATEGIES IN IMPLEMENTING ONLINE SPEAKING ASSESSMENT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (313kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (524kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Selama pandemi, pembelajaran dilakukan secara daring, mengharuskan guru untuk menyesuaikan strategi penilaian mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki strategi guru dalam menilai keterampilan berbicara daring dan untuk mengeksplorasi karakteristik khusus dari penilaian berbicara daring. Metode deskriptif kualitatif digunakan, dan data dikumpulkan melalui wawancara dengan tiga guru bahasa Inggris di sekolah kejuruan di Yogyakarta. Temuan penelitian mengungkapkan empat strategi penilaian berbicara daring: menetapkan tenggat waktu yang diperpanjang untuk mengatasi kendala penilaian berbicara daring; memberikan instruksi rinci sebagai strategi untuk meningkatkan penilaian berbicara daring; menerapkan berbagai jenis penilaian berbicara; dan memberikan dukungan motivasi untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam penilaian berbicara daring. Selain itu, tiga karakteristik utama penilaian berbicara daring diidentifikasi: penilaian berbicara daring harus fleksibel; penilaian berbicara daring harus dapat diakses; dan memanfaatkan berbagai platform dan media dalam penilaian berbicara daring. Kebaruan penelitian ini terletak fokusnya pada strategi guru dan karakteristik penilaian berbicara daring yang belum dieksplorasi dalam penelitian sebelumnya di sekolah menengah kejuruan. Penelitian ini memberikan wawasan bagi guru bahasa Inggris yang mengadaptasi praktik penilaian berbicara daring. Peneliti selanjutnya disarankan untuk melibatkan lebih banyak partisipan, mengeksplorasi perspektif siswa untuk memberikan pandangan yang berbeda, dan menggunakan metode penelitian lainnya.
| Dosen Pembimbing: | Andi Wirantaka, S.Pd., M.Hum. | NIDN0526078601 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | strategy, characteristics, online speaking assessment |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 30 Jun 2025 01:11 |
| Last Modified: | 30 Jun 2025 01:11 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51614 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
