SA'DIAH (2025) STUDENTS’ ATTITUDE TOWARDS ONLINE LEARNING IMPLEMENTATION USING MYKLASS (LEARNING MANAGEMENT SYSTEM) IN AN EFL CLASSROOM AT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (535kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (179kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (701kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (697kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan yang signifikan dalam dunia pendidikan, salah satunya melalui penyelenggaraan pembelajaran daring. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memfasilitasi pembelajaran daring melalui platform MyKlass, termasuk dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan MyKlass pada kelas EFL dan juga untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat sikap mahasiswa dalam pembelajaran daring antara perempuan dan laki-laki. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif, dimana peserta didik pendidikan bahasa Inggris angkatan 2024 akan berpartisipasi dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner menggunakan Google Forms dan daring melalui aplikasi WhatsApp. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memiliki sikap yang positif terhadap pembelajaran daring menggunakan MyKlass pada kelas EFL, dengan skor ratarata sebesar 2,73. Selain itu, analisis uji-t sampel independen menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan berdasarkan jenis kelamin, yang menunjukkan bahwa jenis kelamin merupakan faktor yang mempengaruhi sikap mahasiswa terhadap penggunaan MyKlass dalam pembelajaran daring.
| Dosen Pembimbing: | Sri Rejeki Murtiningsih, S.Pd., M.Ed., Ph.D. | NIDN0518047702 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | student attitudes, online learning, MyKlass, EFL, Moodle |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 30 Jun 2025 02:08 |
| Last Modified: | 30 Jun 2025 02:08 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51637 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
