SA'DIAH (2025) STUDENTS’ ATTITUDE TOWARDS ONLINE LEARNING IMPLEMENTATION USING MYKLASS (LEARNING MANAGEMENT SYSTEM) IN AN EFL CLASSROOM AT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (535kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan yang signifikan dalam dunia pendidikan, salah satunya melalui penyelenggaraan pembelajaran daring. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memfasilitasi pembelajaran daring melalui platform MyKlass, termasuk dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan MyKlass pada kelas EFL dan juga untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat sikap mahasiswa dalam pembelajaran daring antara perempuan dan laki-laki. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif, dimana peserta didik pendidikan bahasa Inggris angkatan 2024 akan berpartisipasi dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner menggunakan Google Forms dan daring melalui aplikasi WhatsApp. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memiliki sikap yang positif terhadap pembelajaran daring menggunakan MyKlass pada kelas EFL, dengan skor ratarata sebesar 2,73. Selain itu, analisis uji-t sampel independen menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan berdasarkan jenis kelamin, yang menunjukkan bahwa jenis kelamin merupakan faktor yang mempengaruhi sikap mahasiswa terhadap penggunaan MyKlass dalam pembelajaran daring.

Dosen Pembimbing: Sri Rejeki Murtiningsih, S.Pd., M.Ed., Ph.D. | NIDN0518047702
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: student attitudes, online learning, MyKlass, EFL, Moodle
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Bima
Date Deposited: 30 Jun 2025 02:08
Last Modified: 30 Jun 2025 02:08
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51637

Actions (login required)

View Item View Item