BAGAS KURNIAWAN (2025) EFL STUDENTS' PERCEPTION ON THE USE OF MULTIMEDIA TECHNOLOGY IN LEARNING VOCABULARY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (295kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (87kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (521kB) |
Abstract
Perolehan kosakata memainkan peran penting dalam mencapai kemahiran berbahasa dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL). Namun, banyak pembelajar mengalami kesulitan karena luasnya jumlah kosakata dan penggunaannya dalam berbagai konteks. Penelitian ini menyelidiki penggunaan teknologi multimedia dalam meningkatkan perolehan kosakata serta mengeksplorasi manfaat dari alat-alat multimedia dalam proses tersebut. Dengan menggunakan desain deskriptif kualitatif, penelitian ini melibatkan enam mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (ELED) sebagai partisipan, dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara mendalam. Temuan menunjukkan bahwa mahasiswa menggunakan empat jenis multimedia untuk meningkatkan kosakata mereka: aplikasi multimedia interaktif (Duolingo, Memrise, Quizlet, dan Anki), YouTube, Google Translate, Oxford Dictionary, dan alat berbasis kecerdasan buatan seperti ChatGPT. Selain itu, penelitian ini mengidentifikasi lima manfaat utama penggunaan multimedia dalam peningkatan kosakata: meningkatkan pemahaman kosakata dalam konteks yang lebih luas, mempermudah penghafalan kosakata baru, meningkatkan motivasi belajar, menyediakan pembelajaran yang lebih fleksibel dan efisien, serta mempercepat pemahaman kosakata dalam komunikasi. Penelitian ini menjadi sumber yang berharga bagi guru, siswa, dan peneliti. Penelitian ini membantu pendidik dalam meningkatkan pengajaran kosakata melalui teknologi multimedia, memberikan informasi kepada siswa mengenai jenis dan manfaat multimedia dalam pembelajaran, serta menjadi landasan bagi penelitian selanjutnya di bidang ini.
| Dosen Pembimbing: | Maryam Sorohiti, S.S., M.H.Sc. | NIDN0508056501 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Vocabulary acquisition, multimedia technology, vocabulary enhancement, English as a foreign language, language learning tools |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 30 Jun 2025 06:17 |
| Last Modified: | 30 Jun 2025 06:17 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51642 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
