BAGAS KURNIAWAN (2025) EFL STUDENTS' PERCEPTION ON THE USE OF MULTIMEDIA TECHNOLOGY IN LEARNING VOCABULARY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)

Abstract

Perolehan kosakata memainkan peran penting dalam mencapai kemahiran berbahasa dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL). Namun, banyak pembelajar mengalami kesulitan karena luasnya jumlah kosakata dan penggunaannya dalam berbagai konteks. Penelitian ini menyelidiki penggunaan teknologi multimedia dalam meningkatkan perolehan kosakata serta mengeksplorasi manfaat dari alat-alat multimedia dalam proses tersebut. Dengan menggunakan desain deskriptif kualitatif, penelitian ini melibatkan enam mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (ELED) sebagai partisipan, dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara mendalam. Temuan menunjukkan bahwa mahasiswa menggunakan empat jenis multimedia untuk meningkatkan kosakata mereka: aplikasi multimedia interaktif (Duolingo, Memrise, Quizlet, dan Anki), YouTube, Google Translate, Oxford Dictionary, dan alat berbasis kecerdasan buatan seperti ChatGPT. Selain itu, penelitian ini mengidentifikasi lima manfaat utama penggunaan multimedia dalam peningkatan kosakata: meningkatkan pemahaman kosakata dalam konteks yang lebih luas, mempermudah penghafalan kosakata baru, meningkatkan motivasi belajar, menyediakan pembelajaran yang lebih fleksibel dan efisien, serta mempercepat pemahaman kosakata dalam komunikasi. Penelitian ini menjadi sumber yang berharga bagi guru, siswa, dan peneliti. Penelitian ini membantu pendidik dalam meningkatkan pengajaran kosakata melalui teknologi multimedia, memberikan informasi kepada siswa mengenai jenis dan manfaat multimedia dalam pembelajaran, serta menjadi landasan bagi penelitian selanjutnya di bidang ini.

Dosen Pembimbing: Maryam Sorohiti, S.S., M.H.Sc. | NIDN0508056501
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Vocabulary acquisition, multimedia technology, vocabulary enhancement, English as a foreign language, language learning tools
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Bima
Date Deposited: 30 Jun 2025 06:17
Last Modified: 30 Jun 2025 06:17
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51642

Actions (login required)

View Item View Item