DINA WULAN RATNA SARI (2025) ANALISIS PERBANDINGAN USER EXPERIENCE (UX) PADA APLIKASI LAYANAN FOOD DELIVERY DI INDONESIA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (549kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (186kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (585kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Aplikasi layanan Food Delivery dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pemesanan makanan secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi pengguna, mengukur tingkat kemudahan dan kenyamanan pengguna, dan mengetahui bentuk interaksi terbaik yang diharapkan pengguna. Akan tetapi pengujian ini untuk melakukan analisis perbandingan pengalaman pengguna dari tiga aplikasi food delivery di Indonesia yang sering digunakan yaitu GoFood, ShopeeFood, dan GrabFood. Penelitian ini melibatkan 5 responden dengan kriteria responden warga asli Jogja, belum pernah menggunakan aplikasi food delivery, dan familiar dengan penggunaan aplikasi mobile secara umum. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan moderated testing. Metric yang digunakan adalah performance metric yang terdiri dari task success, time on task, usability issue dan satisfaction. Data kepuasan pengguna (satisfaction) menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Hasil menunjukkan bahwa seluruh partisipan berhasil menyelesaikan semua task pada ketiga aplikasi, namun ditemukan berbagai kendala. Masing-masing aplikasi memiliki beberapa issue. Pada aspek satisfaction, ShopeeFood memperoleh tingkat kepuasan tertinggi, diikuti GoFood dan terakhir GrabFood, menunjukkan bahwa Shopeefood memiliki tingkat kepuasan yang paling baik. Waktu penyelesaian task juga bervariasi di tiap aplikasi. Dari wawancara, pengguna mengharapkan interaksi yang lebih sederhana, jelas, informatif, seperti label promo yang mencolok, icon riwayat pesanan yang dilengkapi keterangan, dan fitur rating serta ulasan yang mudah diakses. Temuan ini dapat menjadi masukan bagi pengembang aplikasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna kedepannya.
| Dosen Pembimbing: | Reza Giga Isnanda, Dr., S.T., M.Sc. and Haris Setyawan, S.T., M.Eng | NIDN0503068601, NIDN0511116901 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Usability Testing, Moderated Testing, Performance Metric, System Usability Scale |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknologi Informasi |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 30 Jun 2025 03:48 |
| Last Modified: | 30 Jun 2025 03:48 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51656 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
