DINA WULAN RATNA SARI (2025) ANALISIS PERBANDINGAN USER EXPERIENCE (UX) PADA APLIKASI LAYANAN FOOD DELIVERY DI INDONESIA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (549kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Aplikasi layanan Food Delivery dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pemesanan makanan secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi pengguna, mengukur tingkat kemudahan dan kenyamanan pengguna, dan mengetahui bentuk interaksi terbaik yang diharapkan pengguna. Akan tetapi pengujian ini untuk melakukan analisis perbandingan pengalaman pengguna dari tiga aplikasi food delivery di Indonesia yang sering digunakan yaitu GoFood, ShopeeFood, dan GrabFood. Penelitian ini melibatkan 5 responden dengan kriteria responden warga asli Jogja, belum pernah menggunakan aplikasi food delivery, dan familiar dengan penggunaan aplikasi mobile secara umum. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan moderated testing. Metric yang digunakan adalah performance metric yang terdiri dari task success, time on task, usability issue dan satisfaction. Data kepuasan pengguna (satisfaction) menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Hasil menunjukkan bahwa seluruh partisipan berhasil menyelesaikan semua task pada ketiga aplikasi, namun ditemukan berbagai kendala. Masing-masing aplikasi memiliki beberapa issue. Pada aspek satisfaction, ShopeeFood memperoleh tingkat kepuasan tertinggi, diikuti GoFood dan terakhir GrabFood, menunjukkan bahwa Shopeefood memiliki tingkat kepuasan yang paling baik. Waktu penyelesaian task juga bervariasi di tiap aplikasi. Dari wawancara, pengguna mengharapkan interaksi yang lebih sederhana, jelas, informatif, seperti label promo yang mencolok, icon riwayat pesanan yang dilengkapi keterangan, dan fitur rating serta ulasan yang mudah diakses. Temuan ini dapat menjadi masukan bagi pengembang aplikasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna kedepannya.

Dosen Pembimbing: Reza Giga Isnanda, Dr., S.T., M.Sc. and Haris Setyawan, S.T., M.Eng | NIDN0503068601, NIDN0511116901
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Usability Testing, Moderated Testing, Performance Metric, System Usability Scale
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknologi Informasi
Depositing User: Bima
Date Deposited: 30 Jun 2025 03:48
Last Modified: 30 Jun 2025 03:48
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51656

Actions (login required)

View Item View Item