DEVA RAHMAWATI (2025) STRATEGI KOMUNIKASIPEMASARAN JAVAQU ORGANIC DALAM MENARIK MINAT BELI KONSUMEN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @JAVAQUORGANIC TAHUN 2024. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (389kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (402kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (776kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (602kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
JavaQu Organic merupakan sebuah toko bahan pangan organik di Sleman, Yogyakarta yang mengandalkan media sosial Instagram sebagai media utama komunikasi pemasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memahami strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan JavaQu Organic dalam menarik minat beli konsumen, khususnya di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka, Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori bauran promosi yang mencakup periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), penjualan pribadi (personal selling), pemasaran langsung (direct marketing), pemasaran interaktif (interactive marketing), serta pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth) dan diperkuat dengan model AISAS (attention, interest, search, action, share) untuk mengukur efektivitas komunikasi pemasaran digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa JavaQu Organic memanfaatkan Instagram sebagai platform utama dalam komunikasi pemasarannya dengan mengoptimalkan program flash sale pada momen-momen spesial seperti tanggal kembar dan pay day sebagai bagian dari strategi promosi penjualan (sales promotion). Penjualan pribadi (personal selling) seperti interaksi melalui direct message (DM) Instagram. Selain itu, pemasaran langsung (direct marketing) dilakukan melalui pendekatan kepada konsumen, sementara pemasaran interaktif (interactive marketing) dilakukan melalui konten edukasi dengan fitur feeds, stories, carousel post, dan reels di Instagram. Serta pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth) di mana konsumen yang puas secara sukarela membagikan pengalaman mereka di media sosial Instagram.
| Dosen Pembimbing: | Sovia Sitta Sari, S.IP., M.Si. | NIDN0503036901 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Marketing Communication Strategy, Social Media, Instagram, Organic Products, Promotion Mix, AISAS |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 30 Jun 2025 03:42 |
| Last Modified: | 30 Jun 2025 03:42 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51660 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
