SYACHNIZAR RIZKYKA VIDIANTO (2025) KARAKTERISASI VELG MOTOR RING 14 DARI BAHAN ALUMINIUM SERI A365: EVALUASI SIFAT MEKANIS DAN MIKROSTRUKTUR PELEK ALUMUNIUM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (648kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (648kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sifat mekanis dan mikrostruktur pelek aluminium seri A356 hasil pengecoran. Pengujian yang dilakukan meliputi uji tarik, uji bending, uji impak, serta analisis mikrostruktur menggunakan mikroskop optik dengan pembesaran 100x dan 200x. Hasil uji tarik menunjukkan tegangan maksimum sebesar 121,87 MPa hingga 132,13 MPa, dengan regangan antara 1,00% hingga 1,17%. Pada uji bending, diperoleh tegangan lentur sebesar 179,32 MPa hingga 182,96 MPa, dengan defleksi maksimum mencapai 4,85 mm. Uji impak menunjukkan energi terserap sebesar 5 Joule, dengan harga impak sebesar 0,059 J/mm², yang mencerminkan ketangguhan sedang terhadap beban kejut. Analisis mikrostruktur menunjukkan adanya fasa silikon eutektik berbentuk jarum (acicular) yang tersebar dalam matriks aluminium. Morfologi tersebut mengindikasikan belum dilakukan modifikasi struktur atau perlakuan panas, yang berdampak pada menurunnya keuletan material dan berpotensi menjadi titik awal retakan di bawah beban dinamis. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan dilakukan modifikasi struktur mikro dan perlakuan panas (heat treatment T6) untuk meningkatkan sifat mekanik dan ketahanan pelek. Penelitian ini memberikan landasan ilmiah dalam peningkatan kualitas produk pelek aluminium untuk aplikasi otomotif.
| Dosen Pembimbing: | Mudjijana, Dr. Ir., M.Eng. | NIDN8904540022 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | aluminum wheel, A356, mechanical properties, bending, tensile, impact, microstructure |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 30 Jun 2025 03:38 |
| Last Modified: | 30 Jun 2025 03:38 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51661 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
