SYACHNIZAR RIZKYKA VIDIANTO (2025) KARAKTERISASI VELG MOTOR RING 14 DARI BAHAN ALUMINIUM SERI A365: EVALUASI SIFAT MEKANIS DAN MIKROSTRUKTUR PELEK ALUMUNIUM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (648kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sifat mekanis dan mikrostruktur pelek aluminium seri A356 hasil pengecoran. Pengujian yang dilakukan meliputi uji tarik, uji bending, uji impak, serta analisis mikrostruktur menggunakan mikroskop optik dengan pembesaran 100x dan 200x. Hasil uji tarik menunjukkan tegangan maksimum sebesar 121,87 MPa hingga 132,13 MPa, dengan regangan antara 1,00% hingga 1,17%. Pada uji bending, diperoleh tegangan lentur sebesar 179,32 MPa hingga 182,96 MPa, dengan defleksi maksimum mencapai 4,85 mm. Uji impak menunjukkan energi terserap sebesar 5 Joule, dengan harga impak sebesar 0,059 J/mm², yang mencerminkan ketangguhan sedang terhadap beban kejut. Analisis mikrostruktur menunjukkan adanya fasa silikon eutektik berbentuk jarum (acicular) yang tersebar dalam matriks aluminium. Morfologi tersebut mengindikasikan belum dilakukan modifikasi struktur atau perlakuan panas, yang berdampak pada menurunnya keuletan material dan berpotensi menjadi titik awal retakan di bawah beban dinamis. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan dilakukan modifikasi struktur mikro dan perlakuan panas (heat treatment T6) untuk meningkatkan sifat mekanik dan ketahanan pelek. Penelitian ini memberikan landasan ilmiah dalam peningkatan kualitas produk pelek aluminium untuk aplikasi otomotif.

Dosen Pembimbing: Mudjijana, Dr. Ir., M.Eng. | NIDN8904540022
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: aluminum wheel, A356, mechanical properties, bending, tensile, impact, microstructure
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Bima
Date Deposited: 30 Jun 2025 03:38
Last Modified: 30 Jun 2025 03:38
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51661

Actions (login required)

View Item View Item