NADIA SALMA (2025) THE CORRELATION BETWEEN HIGH SCHOOL STUDENTS’ PERCEPTION OF THE CLASSROOM ENVIRONMENT AND THEIR MOTIVATION IN LEARNING ENGLISH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ruang kelas berfungsi sebagai tempat bagi siswa dan guru untuk terlibat dalam kegiatan dan interaksi pendidikan. Lingkungan kelas menawarkan dasar untuk pembelajaran, sementara motivasi berperan sebagai kekuatan pendorong yang memberdayakan siswa untuk mencapai tujuan mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan tingkat kenyamanan di antara siswa berdasarkan persepsi mereka terhadap lingkungan kelas, untuk menilai tingkat motivasi di antara siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris mereka saat ini, dan untuk menguji korelasi antara persepsi siswa terhadap lingkungan kelas dan motivasi mereka untuk belajar bahasa Inggris. Pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional digunakan untuk menganalisis hasil dari data yang diperoleh. Responden dari penelitian ini adalah 168 siswa kelas sebelas dari sebuah sekolah menengah atas negeri di Yogyakarta sebagai data sampel. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata skor persepsi siswa terhadap lingkungan kelas mereka adalah 3,23 dengan standar deviasi (SD=0,268). Hasil ini masuk dalam kategori 'tinggi'. Sementara itu, skor motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris adalah 2,99 dengan standar deviasi (SD=0,307), yang masuk dalam kategori 'sedang'. Selain itu, uji korelasi Spearman's rho menunjukkan bahwa nilai  (koefisien korelasi) adalah 0,467 dengan nilai p (Sig. (2-tailed)) sebesar 0,000, yang menunjukkan adanya korelasi yang signifikan antara persepsi siswa terhadap lingkungan kelas dan motivasi mereka dalam belajar bahasa Inggris dalam kategori korelasi sedang. Hasil ini juga mengonfirmasi bahwa korelasi yang ditunjukkan adalah korelasi positif, sehingga hipotesis penelitian (Ha) diterima.

Dosen Pembimbing: Evi Puspitasari, S.Pd., M.Hum. | NIDN0531038701
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Classroom Environment, Students’ Motivation in Learning English, Correlation
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Bima
Date Deposited: 30 Jun 2025 03:36
Last Modified: 30 Jun 2025 03:36
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51663

Actions (login required)

View Item View Item