NADIA SALMA (2025) THE CORRELATION BETWEEN HIGH SCHOOL STUDENTS’ PERCEPTION OF THE CLASSROOM ENVIRONMENT AND THEIR MOTIVATION IN LEARNING ENGLISH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (297kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (144kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (23kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (594kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Ruang kelas berfungsi sebagai tempat bagi siswa dan guru untuk terlibat dalam kegiatan dan interaksi pendidikan. Lingkungan kelas menawarkan dasar untuk pembelajaran, sementara motivasi berperan sebagai kekuatan pendorong yang memberdayakan siswa untuk mencapai tujuan mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan tingkat kenyamanan di antara siswa berdasarkan persepsi mereka terhadap lingkungan kelas, untuk menilai tingkat motivasi di antara siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris mereka saat ini, dan untuk menguji korelasi antara persepsi siswa terhadap lingkungan kelas dan motivasi mereka untuk belajar bahasa Inggris. Pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional digunakan untuk menganalisis hasil dari data yang diperoleh. Responden dari penelitian ini adalah 168 siswa kelas sebelas dari sebuah sekolah menengah atas negeri di Yogyakarta sebagai data sampel. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata skor persepsi siswa terhadap lingkungan kelas mereka adalah 3,23 dengan standar deviasi (SD=0,268). Hasil ini masuk dalam kategori 'tinggi'. Sementara itu, skor motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris adalah 2,99 dengan standar deviasi (SD=0,307), yang masuk dalam kategori 'sedang'. Selain itu, uji korelasi Spearman's rho menunjukkan bahwa nilai (koefisien korelasi) adalah 0,467 dengan nilai p (Sig. (2-tailed)) sebesar 0,000, yang menunjukkan adanya korelasi yang signifikan antara persepsi siswa terhadap lingkungan kelas dan motivasi mereka dalam belajar bahasa Inggris dalam kategori korelasi sedang. Hasil ini juga mengonfirmasi bahwa korelasi yang ditunjukkan adalah korelasi positif, sehingga hipotesis penelitian (Ha) diterima.
| Dosen Pembimbing: | Evi Puspitasari, S.Pd., M.Hum. | NIDN0531038701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Classroom Environment, Students’ Motivation in Learning English, Correlation |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 30 Jun 2025 03:36 |
| Last Modified: | 30 Jun 2025 03:36 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51663 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
