MUHAMMAD SHIDDIQ (2025) MARKETING COMMUNICATION STRATEGY OF PALKA ART CRAFT ON INSTAGRAM IN INCREASING BRAND AWARENESS IN 2024. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bukti Sumbangan Buku Wisudawan] Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[thumbnail of Letter of Accepted] Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)

Abstract

Strategi Komunikasi Pemasaran adalah cara dimana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual. Dengan persaingan yang semakin ketat, salah satu bisnis kreatif seperti Palka Art Craft yang merupakan concept store ramah lingkungan di Yogyakarta memanfaatkan Instagram dalam meningkatkan brand awareness Palka Art Craft. Dalam penelitian ini, Palka Art Craft menggunakan bauran komunikasi pemasaran untuk meningkatkan brand awareness. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, pengumpulan data melalui wawancara dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran Palka Art Craft menggunakan bauran komunikasi pemasaran model Kotler (periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, penjualan langsung, dan pemasaran interaktif) dengan fokus pada media sosial Instagram dengan target audiens anak muda. Meskipun strategi tersebut belum sepenuhnya optimal, namun telah memberikan kontribusi positif dalam membangun brand awareness sebagai toko konsep ramah lingkungan berbasis produk upcycle. Saat ini, brand tersebut berada pada tahap brand recall dan lebih banyak menjangkau komunitas-komunitas yang peduli terhadap isu lingkungan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pelaku usaha kreatif lainnya untuk meningkatkan brand awareness melalui bauran komunikasi pemasaran.

Dosen Pembimbing: Taufiqur Rahman, S.IP., M.A., Ph.D. | NIDN0527057401
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Marketing communication, Marketing Communication Mix, Brand Awareness, Upcycle
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Bima
Date Deposited: 30 Jun 2025 07:37
Last Modified: 30 Jun 2025 07:37
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51665

Actions (login required)

View Item View Item