ADITYA ANAS HAMDANI PANGIHUTAN (2025) SISTEM PREDIKSI POLUSI UDARA MENGGUNAKAN DEEP LEARNING PADA FASILITAS TRANPORTASI BUS DI TERMINAL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (7MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (201kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (754kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (720kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (524kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
Abstract
Polusi udara di area transportasi, khususnya di terminal bus, menjadi permasalahan yang signifikan karena tingginya emisi kendaraan dan aktivitas manusia. Oleh karena itu, diperlukan sistem prediksi yang akurat untuk memantau dan mengantisipasi tingkat polusi udara. Penelitian ini mengembangkan Sistem Prediksi Polusi Udara Menggunakan Deep Learning pada Fasilitas Transportasi Bus di Terminal Yogyakarta dengan tujuan untuk memperkirakan kadar polutan utama seperti PM2.5, PM10, CO, NO2, SO2, dan O3 berdasarkan faktor lingkungan seperti suhu, kelembaban, serta lalu lintas kendaraan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deep learning dengan model Long Short-Term Memory (LSTM) untuk menangani data deret waktu dan memprediksi konsentrasi polutan di masa mendatang. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari sensor pemantauan kualitas udara yang ditempatkan di Terminal Yogyakarta, kemudian dilakukan proses pembersihan data, normalisasi, serta pelatihan model. Evaluasi dilakukan menggunakan metrik Root Mean Square Error (RMSE) dan Mean Absolute Error (MAE) untuk mengukur akurasi prediksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model deep learning yang diterapkan mampu memprediksi tingkat polusi udara dengan akurasi yang cukup tinggi, di mana nilai RMSE dan MAE yang diperoleh menunjukkan tingkat kesalahan yang minimal. Dengan adanya sistem ini, diharapkan dapat membantu pemangku kebijakan dalam mengambil keputusan terkait pengelolaan lingkungan di area terminal, seperti pengaturan jadwal kendaraan, pengurangan emisi, atau implementasi teknologi transportasi ramah lingkungan.
| Dosen Pembimbing: | Karisma Trinanda Putra, Ir., S.ST., M.T., Ph.D | NIDN0519069003 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Air Pollution, Prediction, Deep Learning, LSTM, Bus Terminal, Air Quality |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Elektro |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 01 Jul 2025 01:53 |
| Last Modified: | 01 Jul 2025 01:53 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51679 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
