AUREL ADNAN (2025) APLIKASI WEBSITE PENGADUAN PASIEN DI RSIA ANUGRAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Mutu pelayanan berkaitan erat dengan kepuasan pasien, berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI (2008) indikator mutu pelayanan salah satunya adalah kepuasan pasien. RSIA Anugrah merupakan instansi yang begerak dalam bidang pelayanan kesehatan masyarakat. RSIA Anugrah telah menerima sejumlah pengaduan dari pasien setiap tahunnya, namun belum ada penelitian yang menganalisis pengaduan tersebut untuk mendapatkan wawasan yang mendalam tentang masalah-masalah yang sering terjadi dan langkah-langkah perbaikan yang diperlukan. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah aplikasi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan merancang dan membuat aplikasi pengaduan digital. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi berbasis web untuk kemudahan akses dari pasien dalam menyampaikan keluhan, mempermudah proses pengarsipan data keluhan agar lebih efisien dan aman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dengan customer care, selanjutnya analisis kebutuhan, perancangan sistem dengan menggunakan diagram UML, implementasi, dan pengujian menggunakan black box. Hasil implementasi yang telah dilakukan yaitu terbuatnya website dengan berberapa fitur yaitu informasi dan pengaduan. Berdasarkan hasil pengujian black box, semua fitur berhasil dijalankan sesuai dengan hasil yang diharapkan dan hasil wawancara dengan Customer Care di RSIA Anugrah, Pengarsipan data di RSIA Anugrah jauh lebih mudah dan efektif.

Dosen Pembimbing: Cahya Damarjati, S.T., M.Eng., Ph.D. and Reza Giga Isnanda, Dr., S.T., M.Sc. | NIDN0515038702, NIDN0503068601
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Services, Complaints, RSIA Anugrah, Website, Black Box Testing
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknologi Informasi
Depositing User: Bima
Date Deposited: 01 Jul 2025 02:01
Last Modified: 01 Jul 2025 02:01
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51688

Actions (login required)

View Item View Item