AUREL ADNAN (2025) APLIKASI WEBSITE PENGADUAN PASIEN DI RSIA ANUGRAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (7MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (226kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (786kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (21MB) |
Abstract
Mutu pelayanan berkaitan erat dengan kepuasan pasien, berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI (2008) indikator mutu pelayanan salah satunya adalah kepuasan pasien. RSIA Anugrah merupakan instansi yang begerak dalam bidang pelayanan kesehatan masyarakat. RSIA Anugrah telah menerima sejumlah pengaduan dari pasien setiap tahunnya, namun belum ada penelitian yang menganalisis pengaduan tersebut untuk mendapatkan wawasan yang mendalam tentang masalah-masalah yang sering terjadi dan langkah-langkah perbaikan yang diperlukan. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah aplikasi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan merancang dan membuat aplikasi pengaduan digital. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi berbasis web untuk kemudahan akses dari pasien dalam menyampaikan keluhan, mempermudah proses pengarsipan data keluhan agar lebih efisien dan aman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dengan customer care, selanjutnya analisis kebutuhan, perancangan sistem dengan menggunakan diagram UML, implementasi, dan pengujian menggunakan black box. Hasil implementasi yang telah dilakukan yaitu terbuatnya website dengan berberapa fitur yaitu informasi dan pengaduan. Berdasarkan hasil pengujian black box, semua fitur berhasil dijalankan sesuai dengan hasil yang diharapkan dan hasil wawancara dengan Customer Care di RSIA Anugrah, Pengarsipan data di RSIA Anugrah jauh lebih mudah dan efektif.
| Dosen Pembimbing: | Cahya Damarjati, S.T., M.Eng., Ph.D. and Reza Giga Isnanda, Dr., S.T., M.Sc. | NIDN0515038702, NIDN0503068601 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Services, Complaints, RSIA Anugrah, Website, Black Box Testing |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknologi Informasi |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 01 Jul 2025 02:01 |
| Last Modified: | 01 Jul 2025 02:01 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51688 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
