Anissya Syarlin Wahyuni (2020) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 TERHADAP NATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (871kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (914kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 terhadap mata pelajaran bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta., dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi tersebut. Penelitian ini menjadi tolak ukur dalam mengembangkan kurikulum 2013 khususnya mata pelajaran bahasa Arab dan juga meningkatkan keberhasilan proses belajar bahasa Arab.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan mengambil objek penelitian di SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta. Dalam penelitian ini, alat pengumpulan data adalah: observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, guru bahasa Arab, dan peserta didik. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara dilakukan baik bersamaan dengan pengumpulan data maupun sesudahnya, yakni mengumpulkan data harus diikuti dengan mengedit, mengklasifikasi, mereduksi, dan menyajikan data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan,sebelum pembelajaran dimulai guru sudah menyiapkan silabus dan RPP yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Pada tahap pelaksanaan, juga sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, yaitu dengan menggunakan pendekatan ilmiah (Scientific Approach) yang meliputi kegiatan: mengamati, menanya, eksperimen, asosiasi, dan komunikasi. Sedangkan pada proses pembelajaran menyentuh tiga aspek yaitu, sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Serta untuk proses evaluasi, guru sudah menggunakan penilaian (Authentic Assesment). (2) faktor yang mempengaruhi Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta terdapat tiga faktor yaitu, faktor guru, faktor peserta didik, dan faktor sarana dan prasarana.
Dosen Pembimbing: | ROOJIL FADHILLAH | NIDN0519048801 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 01:16 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 06:31 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/517 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |