SABRINA SYIFAHSANI PUTRI (2025) ANALISIS GERAKAN BOIKOT STARBUCKS OLEH MASYARAKAT AMERIKA DALAM ISU PALESTINA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (596kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Starbucks merupakan perusahaan multinasional asal Amerika Serikat yang memiliki pengaruh besar secara ekonomi dan sosial, baik di dalam negeri maupun secara global. Namun, pada tahun 2023, perusahaan ini menghadapi gelombang boikot dari masyarakat Amerika Serikat terkait dengan isu Palestina. Penelitian ini bertujuan untuk memahami alasan di balik masyarakat Amerika Serikat yang melakukan boikot terhadap Starbucks di Amerika Serikat. Dengan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui studi pustaka dari berbagai sumber kredibel seperti buku, artikel jurnal, dan berita terkini serta analisis terhadap kampanye digital di media sosial. Penelitian menunjukkan bahwa boikot ini dipicu oleh respons perusahaan terhadap sikap solidaritas yang disampaikan oleh serikat pekerjanya untuk Palestina, serta berkembangnya persepsi publik mengenai posisi perusahaan dalam isu yang lebih luas. Kampanye digital turut memperkuat gerakan ini, yang banyak mendapat dukungan dari kelompok-kelompok masyarakat tertentu yang memiliki sensitivitas tinggi terhadap isu keadilan sosial. Isu global dapat beresonansi dalam konteks domestik dan memengaruhi relasi antara perusahaan besar dan masyarakat sipil di Amerika Serikat.

Dosen Pembimbing: Sugeng Riyanto, Dr., S.IP., M.Si. | NIDN0523037001
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Palestine, social activism, Starbucks boycott, United States society, Starbucks Workers United
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Hubungan Internasional
Depositing User: Bima
Date Deposited: 02 Jul 2025 09:24
Last Modified: 02 Jul 2025 09:24
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51701

Actions (login required)

View Item View Item