FIRDA HANIFAH (2025) THE USE OF ENGLISH SONGS TO ENHANCE LISTENING SKILLS AT A STATE HIGH SCHOOL IN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (572kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (257kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (849kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan lagu berbahasa Inggris dalam mengembangkan keterampilan menyimak siswa di kelas bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk memahami persepsi siswa serta tantangan yang mereka hadapi saat menggunakan lagu berbahasa Inggris dalam kegiatan menyimak. Data dikumpulkan melalui wawancara semiterstruktur dengan lima siswa sekolah menengah atas yang memiliki pengalaman belajar bahasa Inggris melalui lagu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memandang lagu berbahasa Inggris sebagai media yang efektif, menarik, dan menyenangkan untuk meningkatkan pemahaman menyimak, penguasaan kosakata, dan pelafalan. Namun demikian, ditemukan beberapa kendala seperti lirik yang terlalu cepat, pelafalan yang tidak jelas, variasi aksen, dan kosakata yang tidak dikenal. Meskipun menghadapi tantangan tersebut, siswa menunjukkan strategi belajar aktif seperti menggunakan video lirik, alat penerjemah, dan platform daring untuk mendukung pemahaman mereka. Penelitian ini menegaskan potensi integrasi lagu berbahasa Inggris dalam pembelajaran di kelas untuk mendukung pengembangan bahasa, sekaligus menekankan pentingnya pemilihan lagu yang sesuai serta dukungan pedagogis yang tepat guna mengoptimalkan hasil belajar.
| Dosen Pembimbing: | Endro Dwi Hatmanto, S.Pd., M.A., Ph.D | NIDN0526077202 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | English songs, listening skills, EFL, qualitative research, student perception, classroom challenges |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 02 Jul 2025 09:22 |
| Last Modified: | 02 Jul 2025 09:22 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51702 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
