FIRDA HANIFAH (2025) THE USE OF ENGLISH SONGS TO ENHANCE LISTENING SKILLS AT A STATE HIGH SCHOOL IN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (572kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (849kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan lagu berbahasa Inggris dalam mengembangkan keterampilan menyimak siswa di kelas bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk memahami persepsi siswa serta tantangan yang mereka hadapi saat menggunakan lagu berbahasa Inggris dalam kegiatan menyimak. Data dikumpulkan melalui wawancara semiterstruktur dengan lima siswa sekolah menengah atas yang memiliki pengalaman belajar bahasa Inggris melalui lagu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memandang lagu berbahasa Inggris sebagai media yang efektif, menarik, dan menyenangkan untuk meningkatkan pemahaman menyimak, penguasaan kosakata, dan pelafalan. Namun demikian, ditemukan beberapa kendala seperti lirik yang terlalu cepat, pelafalan yang tidak jelas, variasi aksen, dan kosakata yang tidak dikenal. Meskipun menghadapi tantangan tersebut, siswa menunjukkan strategi belajar aktif seperti menggunakan video lirik, alat penerjemah, dan platform daring untuk mendukung pemahaman mereka. Penelitian ini menegaskan potensi integrasi lagu berbahasa Inggris dalam pembelajaran di kelas untuk mendukung pengembangan bahasa, sekaligus menekankan pentingnya pemilihan lagu yang sesuai serta dukungan pedagogis yang tepat guna mengoptimalkan hasil belajar.

Dosen Pembimbing: Endro Dwi Hatmanto, S.Pd., M.A., Ph.D | NIDN0526077202
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: English songs, listening skills, EFL, qualitative research, student perception, classroom challenges
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Bima
Date Deposited: 02 Jul 2025 09:22
Last Modified: 02 Jul 2025 09:22
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51702

Actions (login required)

View Item View Item