RADITYA BAGUS HERLANGGA (2025) THE PERSPECTIVE OF EFL STUDENTS TOWARDS THE USE OF YOUTUBE IN SELF-REGULATED LEARNING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (960kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam era di mana alat digital semakin membentuk cara kita belajar, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana mahasiswa English as a Foreign Language (EFL) memandang dan memanfaatkan YouTube sebagai media untuk pembelajaran yang teratur secara mandiri (self-regulated learning). Seiring dengan perkembangan pendidikan yang semakin melampaui batas ruang kelas tradisional, para mahasiswa dituntut untuk mengambil tanggung jawab yang lebih besar dalam mengatur proses belajar mereka sendiri. Penelitian ini berfokus pada pemahaman mengenai bagaimana YouTube, sebagai platform yang mudah diakses dan fleksibel, mendukung pelajar dalam mengatur studi mereka serta memilih konten yang sesuai dengan kebutuhan akademis mereka.Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, wawancara dilakukan terhadap lima mahasiswa universitas yang telah menempuh pendidikan Bahasa Inggris minimal selama satu tahun. Temuan menunjukkan bahwa YouTube membantu mahasiswa dalam tiga aspek utama: mengatur waktu dan memantau diri sendiri, mendorong partisipasi aktif, serta membantu mereka menetapkan tujuan belajar yang bermakna. Selain itu, mahasiswa cenderung memilih video berdasarkan minat, struktur, dan relevansinya dengan tujuan belajar mereka.Penelitian ini menyoroti tidak hanya sisi praktis dari penggunaan YouTube dalam konteks akademik, tetapi juga pentingnya otonomi belajar dan pengambilan keputusan yang kritis dalam pendidikan modern. Wawasan yang diperoleh memberikan implikasi yang bermakna bagi para pendidik, institusi, dan pelajar yang ingin mengintegrasikan media digital ke dalam praktik pembelajaran yang efektif dan berpusat pada siswa.

Dosen Pembimbing: Andi Wirantaka, S.Pd., M.Hum. | NIDN0526078601
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: EFL Students, Self-Regulated Learning, YouTube, Autonomous Learning, Educational Technology, Video-Based Learning
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Bima
Date Deposited: 02 Jul 2025 09:20
Last Modified: 02 Jul 2025 09:20
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51703

Actions (login required)

View Item View Item