RADITYA BAGUS HERLANGGA (2025) THE PERSPECTIVE OF EFL STUDENTS TOWARDS THE USE OF YOUTUBE IN SELF-REGULATED LEARNING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (960kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (310kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dalam era di mana alat digital semakin membentuk cara kita belajar, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana mahasiswa English as a Foreign Language (EFL) memandang dan memanfaatkan YouTube sebagai media untuk pembelajaran yang teratur secara mandiri (self-regulated learning). Seiring dengan perkembangan pendidikan yang semakin melampaui batas ruang kelas tradisional, para mahasiswa dituntut untuk mengambil tanggung jawab yang lebih besar dalam mengatur proses belajar mereka sendiri. Penelitian ini berfokus pada pemahaman mengenai bagaimana YouTube, sebagai platform yang mudah diakses dan fleksibel, mendukung pelajar dalam mengatur studi mereka serta memilih konten yang sesuai dengan kebutuhan akademis mereka.Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, wawancara dilakukan terhadap lima mahasiswa universitas yang telah menempuh pendidikan Bahasa Inggris minimal selama satu tahun. Temuan menunjukkan bahwa YouTube membantu mahasiswa dalam tiga aspek utama: mengatur waktu dan memantau diri sendiri, mendorong partisipasi aktif, serta membantu mereka menetapkan tujuan belajar yang bermakna. Selain itu, mahasiswa cenderung memilih video berdasarkan minat, struktur, dan relevansinya dengan tujuan belajar mereka.Penelitian ini menyoroti tidak hanya sisi praktis dari penggunaan YouTube dalam konteks akademik, tetapi juga pentingnya otonomi belajar dan pengambilan keputusan yang kritis dalam pendidikan modern. Wawasan yang diperoleh memberikan implikasi yang bermakna bagi para pendidik, institusi, dan pelajar yang ingin mengintegrasikan media digital ke dalam praktik pembelajaran yang efektif dan berpusat pada siswa.
| Dosen Pembimbing: | Andi Wirantaka, S.Pd., M.Hum. | NIDN0526078601 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | EFL Students, Self-Regulated Learning, YouTube, Autonomous Learning, Educational Technology, Video-Based Learning |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 02 Jul 2025 09:20 |
| Last Modified: | 02 Jul 2025 09:20 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51703 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
