DIAN AYU MAULIDA (2025) GAMBARAN KEPUASAN LAYANAN KONSELING QUITLINE SERTA POLA MEROKOK SETELAH MENGIKUTI KONSELING QUITLINE PADA KLIEN UPAYA BERHENTI MEROKOK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (487kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Indonesia merupakan negara dengan perokok dewasa terbanyak ketiga di dunia, yang berkontribusi pada meningkatnya prevalensi Penyakit Tidak Menular (PTM) dan beban biaya kesehatan. Untuk mengurangi prevalensi merokok, Kementerian Kesehatan meluncurkan layanan konseling berhenti merokok berbasis telepon, Quitline. Evaluasi dari sudut pandang pengguna terkait kepuasan dan perubahan pola merokok masih terbatas. Tujuan: Mengetahui tingkat kepuasan terhadap layanan Quitline dan pola merokok klien setelah mengikuti layanan konseling Quitline dari Kementerian Kesehatan. Metode: Penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei, dengan menggunakan metode pengambilan sampel, total sampling. Data didapatkan melalui kuesioner dari 16 responden klien Quitline yang telah menjalani minimal satu sesi konseling. Analisa data yang digunakan adalah analisa univariate. Hasil: Layanan Quitline mendapatkan kepuasan 100% dari responden, dengan 11 orang (68,8%) sudah tidak merokok, sebanyak 4 responden (25%) masih merokok, dan hanya 1 responden (6,3%) yang menggunakan rokok elektrik. Mayoritas responden yakni sebanyak 31,3%, mencoba berhenti setelah sesi pertama dan sesi ketiga. Sementara itu, mayoritas responden (18,8%) benar-benar berhenti merokok pada sesi ke lima dan tujuh. Meskipun banyak yang berhasil berhenti total setelah sesi ke-5 dan ke-7, tantangan terkait keberhasilan jangka panjang dan peralihan ke rokok elektrik perlu diperhatikan. Kesimpulan: Semua responden merasa puas dengan layanan Quitline, terutama pada keramahan konselor dan kemudahan akses. Namun, hanya sedikit yang menunjukkan perubahan signifikan dalam pola merokok. Faktor seperti motivasi internal, keterlibatan dalam sesi, dan dukungan sosial berpengaruh pada keberhasilan berhenti merokok.

Dosen Pembimbing: Resti Yulianti Sutrisno, M.Kep,Ns.,Sp.Kep.MB | NIDN0519078701
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Service Satisfaction, Counseling, Smoking Patterns, Quitline, Smoking Cessation Efforts
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Keperawatan
Depositing User: Bima
Date Deposited: 02 Jul 2025 09:20
Last Modified: 02 Jul 2025 09:20
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51705

Actions (login required)

View Item View Item