VANIA AURELL SALLSABILA MAHARANI (2025) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE (STUDI KASUS PADA INSTAGRAM SIDE CULTURE CAFE UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS TAHUN 2024). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (877kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (833kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (818kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (532kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (556kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Side Culture Cafe melalui media sosial Instagram untuk meningkatkan brand awareness. Dalam era digital saat ini, Instagram menjadi salah satu platform yang efektif digunakan oleh pelaku bisnis untuk mempromosikan produk dan membangun hubungan dengan konsumen. Side Culture Cafe, sebuah cafe di Kudus, Jawa Tengah, memanfaatkan Instagram tidak hanya sebagai media kolaborasi kreatif dengan brand lokal melalui event dan penjualan merchandise. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan visual branding yang konsisten, interaksi aktif dengan pengikut, serta penyajian konten event yang kreatif mampu meningkatkan brand awareness Side Culture Cafe secara signifikan. Dalam benak konsumen Side Culture Cafe adalah cafe yang unik, cheerful, colourful, kreatif dan inspiratif karena banyak event yang dislenggarakan. Meskipun belum mencapai posisi top of mind, strategi yang dilakukan telah membentuk brand recognition dan brand recall yang kuat di benak konsumen.
| Dosen Pembimbing: | Aswad Ishak, S.IP., M.Si. | NIDN0530107601 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Marketing communication, Instagram, social media, brand awareness, digital marketing |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 03 Jul 2025 07:44 |
| Last Modified: | 03 Jul 2025 07:44 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51721 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
