ILHAM RIZKI SAPUTRA (2025) EVALUASI KINERJA BUS TRANS JOGJA TRAYEK IB. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Peran layanan transportasi tidak dapat diabaikan dalam kehidupan sehari-hari, pentingnya transportasi tercermin pada kebutuhan akan jasa angkutan untuk mobilisasi orang dan barang sehingga pasca perubahan trayek 1B yang berdampak pada penurunan jumlah. Tujuan penelitian meliputi analisis load factor, headway, kecepatan rata-rata kendaraan, serta waktu perjalanan pulang-pergi (Round Trip Time). Pengumpulan data dilakukan selama enam hari yaitu, hari Senin 21 April 2025, hari Selasa 22 April 2025 dan Sabtu 26 April 2025 untuk survei statis sedangkan hari Rabu 23 April 2025, hari Kamis 24 April 2025, dan hari Minggu 27 April 2025 untuk survei dinamis. Penelitian ini menggunakan tiga armada bus dengan waktu pengamatan pagi dan sore untuk survei dinamis yang masing masing mencatat waktu tempuh dan jumlah penumpang yang naik dan yang turun sedangkan survei statis dilakukan pada pengamatan waktu pukul 5:30 hingga 20:30. Dari hasil pengamatan diketahui rata-rata nilai load factor dinamis pada hari Rabu – Minggu 16% sehingga menunjukan load factor masih dibawah 70% yang ditetapkan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dan World Bank. Hasil analisis headway didapatkan telah sebesar 10-20 menit, kecepatan rata – rata keseluruhan pada hari Rabu – Minggu sebesar 22 km/jam sedangkan Round Trip Time (RTT) rata – rata keseluruhan pada hari Rabu – Minggu sebesar 1 jam 28 menit. Hasil yang telah didapat telah sesuai dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dari SK.687/AJ.206/DRJD/2002. Pasca terjadinya perubahan rute telah terjadi perbedaan jumlah penumpang rute yang lama dan baru dapat dibuktikan berdasarkan data load factor peneliti pada hari Minggu pagi sebesar 10,67%, sedangkan penelitian pada tahun 2013 load factor sebesar 17,21% pada hari Minggu pagi, perbedaan jumlah penumpang terjadi sebabkan faktor masyarakat yang tidak mengetahui informasi perubahan rute trayek 1B.

Dosen Pembimbing: Wahyu Widodo, Ir., M.T. | NIDN0028116301
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Load factor, headway, average speed, and Round Trip Time (RTT)
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Bima
Date Deposited: 03 Jul 2025 07:39
Last Modified: 03 Jul 2025 07:39
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51723

Actions (login required)

View Item View Item