ILHAM RIZKI SAPUTRA (2025) EVALUASI KINERJA BUS TRANS JOGJA TRAYEK IB. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (9MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (112kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (666kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (840kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (741kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Peran layanan transportasi tidak dapat diabaikan dalam kehidupan sehari-hari, pentingnya transportasi tercermin pada kebutuhan akan jasa angkutan untuk mobilisasi orang dan barang sehingga pasca perubahan trayek 1B yang berdampak pada penurunan jumlah. Tujuan penelitian meliputi analisis load factor, headway, kecepatan rata-rata kendaraan, serta waktu perjalanan pulang-pergi (Round Trip Time). Pengumpulan data dilakukan selama enam hari yaitu, hari Senin 21 April 2025, hari Selasa 22 April 2025 dan Sabtu 26 April 2025 untuk survei statis sedangkan hari Rabu 23 April 2025, hari Kamis 24 April 2025, dan hari Minggu 27 April 2025 untuk survei dinamis. Penelitian ini menggunakan tiga armada bus dengan waktu pengamatan pagi dan sore untuk survei dinamis yang masing masing mencatat waktu tempuh dan jumlah penumpang yang naik dan yang turun sedangkan survei statis dilakukan pada pengamatan waktu pukul 5:30 hingga 20:30. Dari hasil pengamatan diketahui rata-rata nilai load factor dinamis pada hari Rabu – Minggu 16% sehingga menunjukan load factor masih dibawah 70% yang ditetapkan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dan World Bank. Hasil analisis headway didapatkan telah sebesar 10-20 menit, kecepatan rata – rata keseluruhan pada hari Rabu – Minggu sebesar 22 km/jam sedangkan Round Trip Time (RTT) rata – rata keseluruhan pada hari Rabu – Minggu sebesar 1 jam 28 menit. Hasil yang telah didapat telah sesuai dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dari SK.687/AJ.206/DRJD/2002. Pasca terjadinya perubahan rute telah terjadi perbedaan jumlah penumpang rute yang lama dan baru dapat dibuktikan berdasarkan data load factor peneliti pada hari Minggu pagi sebesar 10,67%, sedangkan penelitian pada tahun 2013 load factor sebesar 17,21% pada hari Minggu pagi, perbedaan jumlah penumpang terjadi sebabkan faktor masyarakat yang tidak mengetahui informasi perubahan rute trayek 1B.
| Dosen Pembimbing: | Wahyu Widodo, Ir., M.T. | NIDN0028116301 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Load factor, headway, average speed, and Round Trip Time (RTT) |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 03 Jul 2025 07:39 |
| Last Modified: | 03 Jul 2025 07:39 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51723 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
