YUNITA WIDIYANTESSA (2025) GAMBARAN KEPUASAN LAYANAN KONSELING QUITLINE SERTA STATUS MEROKOK SETELAH MENGIKUTI KONSELING QUITLINE PADA KLIEN UPAYA BERHENTI MEROKOK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (689kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (286kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (755kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (753kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Latar Belakang : Global Adult Tobacco Survey (GATS) melaporkan bahwa orang dewasa masih banyak menggunakan tembakau. Angka perokok aktif di Indonesia masih sangat tinggi terutama pada usia produktif. Layanan inovasi Quitline dibuat untuk membantu seseorang yang ingin berhenti merokok. Tingkat kepuasan pengguna seperti staf yang mampu mendengarkan masalah, memberikan informasi, kompeten dan terlatih, berhasil meningkatkan keinginan untuk berhenti merokok. Tujuan : Mengetahui kepuasan layanan konseling Quitline dan untuk mengetahui gambaran status merokok klien konseling Quitline setelah mendapatkan layanan Quitline. Metode : Penelitian menggunakan desain kuantitatif dan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan di Yogyakarta dengan responden di berbagai wilayah Indonesia. Penelitian menggunakan teknik total sampling dengan total sampel penelitian adalah 16 responden. Penelitian menggunakan kuesioner Kepuasan Layanan Quitline dan kuesioner Status Merokok yang sudah valid dan reliabel. Analisa data menggunakan distribusi frekuensi dan presentase. Hasil : Gambaran kepuasan responden didapatkan seluruh responden merasa puas dengan layanan konseling Quitline (100%). Status merokok responden setelah selesai konseling didapatkan 10 responden berhasil berhenti merokok setelah mengikti konseling Quitline (62.5%) dan 6 responden masih merokok (37.5%). Kesimpulan : Gambaran kepuasan layanan konseling Quitline, responden merasa puas dengan layanan konseling Quitline. Mayoritas merasa puas dengan aspek layanan, penjelasan informasi oleh konselor, keramahan staff, kenyamanan staff dan konseling, aksesibilitas konseling dan akses informasi. Lebih dari setengah responden berhasil berhenti merokok setelah selesai mengikuti konseling, namun juga terdapat responden yang masih merokok. Tidak terdapat responden yang mengalami relapse setelah selesai mengikuti konseling.
| Dosen Pembimbing: | Resti Yulianti Sutrisno, M.Kep,Ns.,Sp.Kep.MB | NIDN0519078701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Smoking Cessation, Service Satisfaction, Smoking Status Counseling, Quitline |
| Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Keperawatan |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 06:06 |
| Last Modified: | 14 Jul 2025 06:06 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51727 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
