YUNITA WIDIYANTESSA (2025) GAMBARAN KEPUASAN LAYANAN KONSELING QUITLINE SERTA STATUS MEROKOK SETELAH MENGIKUTI KONSELING QUITLINE PADA KLIEN UPAYA BERHENTI MEROKOK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (689kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Global Adult Tobacco Survey (GATS) melaporkan bahwa orang dewasa masih banyak menggunakan tembakau. Angka perokok aktif di Indonesia masih sangat tinggi terutama pada usia produktif. Layanan inovasi Quitline dibuat untuk membantu seseorang yang ingin berhenti merokok. Tingkat kepuasan pengguna seperti staf yang mampu mendengarkan masalah, memberikan informasi, kompeten dan terlatih, berhasil meningkatkan keinginan untuk berhenti merokok. Tujuan : Mengetahui kepuasan layanan konseling Quitline dan untuk mengetahui gambaran status merokok klien konseling Quitline setelah mendapatkan layanan Quitline. Metode : Penelitian menggunakan desain kuantitatif dan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan di Yogyakarta dengan responden di berbagai wilayah Indonesia. Penelitian menggunakan teknik total sampling dengan total sampel penelitian adalah 16 responden. Penelitian menggunakan kuesioner Kepuasan Layanan Quitline dan kuesioner Status Merokok yang sudah valid dan reliabel. Analisa data menggunakan distribusi frekuensi dan presentase. Hasil : Gambaran kepuasan responden didapatkan seluruh responden merasa puas dengan layanan konseling Quitline (100%). Status merokok responden setelah selesai konseling didapatkan 10 responden berhasil berhenti merokok setelah mengikti konseling Quitline (62.5%) dan 6 responden masih merokok (37.5%). Kesimpulan : Gambaran kepuasan layanan konseling Quitline, responden merasa puas dengan layanan konseling Quitline. Mayoritas merasa puas dengan aspek layanan, penjelasan informasi oleh konselor, keramahan staff, kenyamanan staff dan konseling, aksesibilitas konseling dan akses informasi. Lebih dari setengah responden berhasil berhenti merokok setelah selesai mengikuti konseling, namun juga terdapat responden yang masih merokok. Tidak terdapat responden yang mengalami relapse setelah selesai mengikuti konseling.

Dosen Pembimbing: Resti Yulianti Sutrisno, M.Kep,Ns.,Sp.Kep.MB | NIDN0519078701
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Smoking Cessation, Service Satisfaction, Smoking Status Counseling, Quitline
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Keperawatan
Depositing User: Bima
Date Deposited: 14 Jul 2025 06:06
Last Modified: 14 Jul 2025 06:06
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51727

Actions (login required)

View Item View Item