MUHAMMAD DAFFA RAMADHAN (2025) PENGAWASAN OMBUDSMAN RI PERWAKILAN DIY TERHADAP PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK BIDANG KESEHATAN DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengawasan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan DIY terhadap penyelenggaraan pelayanan publik bidang kesehatan di Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode hukum empiris dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ombudsman DIY telah menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik dalam mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik bidang kesehatan, namun masih terdapat beberapa hambatan. Hambatan tersebut antara lain: keterbatasan kewenangan Ombudsman, tumpang tindih regulasi, ketidakpatuhan terhadap rekomendasi Ombudsman, minimnya pemahaman masyarakat, kurangnya sumber daya, budaya maladministrasi, resistensi institusi, kendala teknis, dan transformasi digital. Untuk meningkatkan efektivitas pengawasan, Ombudsman RI Perwakilan DIY perlu meningkatkan kerjasama dengan instansi terkait, meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, dan mengembangkan sistem informasi yang terintegrasi. Selain itu, masyarakat perlu didorong untuk lebih aktif dalam mengawasi dan melaporkan setiap ketidakpuasan terhadap pelayanan publik. Dengan demikian, diharapkan sistem pelayanan publik di Kota Yogyakarta dapat terus meningkat kualitasnya dan lebih berorientasi pada kepentingan masyarakat.

Dosen Pembimbing: Beni Hidayat, Dr., S.H., M.Hum. | NIDN0531127301
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Health, Yogyakarta City, Ombudsman, Public Services, Supervision
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Hukum
Depositing User: Bima
Date Deposited: 14 Jul 2025 02:27
Last Modified: 14 Jul 2025 02:27
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51732

Actions (login required)

View Item View Item