MUHAMMAD DAFFA RAMADHAN (2025) PENGAWASAN OMBUDSMAN RI PERWAKILAN DIY TERHADAP PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK BIDANG KESEHATAN DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (2MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (120kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji pengawasan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan DIY terhadap penyelenggaraan pelayanan publik bidang kesehatan di Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode hukum empiris dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ombudsman DIY telah menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik dalam mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik bidang kesehatan, namun masih terdapat beberapa hambatan. Hambatan tersebut antara lain: keterbatasan kewenangan Ombudsman, tumpang tindih regulasi, ketidakpatuhan terhadap rekomendasi Ombudsman, minimnya pemahaman masyarakat, kurangnya sumber daya, budaya maladministrasi, resistensi institusi, kendala teknis, dan transformasi digital. Untuk meningkatkan efektivitas pengawasan, Ombudsman RI Perwakilan DIY perlu meningkatkan kerjasama dengan instansi terkait, meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, dan mengembangkan sistem informasi yang terintegrasi. Selain itu, masyarakat perlu didorong untuk lebih aktif dalam mengawasi dan melaporkan setiap ketidakpuasan terhadap pelayanan publik. Dengan demikian, diharapkan sistem pelayanan publik di Kota Yogyakarta dapat terus meningkat kualitasnya dan lebih berorientasi pada kepentingan masyarakat.
| Dosen Pembimbing: | Beni Hidayat, Dr., S.H., M.Hum. | NIDN0531127301 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Health, Yogyakarta City, Ombudsman, Public Services, Supervision |
| Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Hukum |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 02:27 |
| Last Modified: | 14 Jul 2025 02:27 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51732 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
