NOVITA PUTRI HAPSARI (2025) PRE-SERVICE TEACHER PERCEPTION OF CLASSROOM LEADERSHIP IN TEACHING ENGLISH DURING INTERNSHIP PROGRAM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (712kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (617kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (512kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (532kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Seorang calon guru membutuhkan kinerja tinggi yang baik untuk menyelenggarakan lingkungan belajar yang nyaman. Keterampilan nonteknis calon guru juga berperan besar dalam proses pengajaran yang sukses, keterampilan kepemimpinan juga tertanam dalam keterampilan nonteknis calon guru. Tanggung jawab untuk menyelenggarakan dan mengatur ruang kelas memberikan proses pengembangan sebagai calon guru untuk belajar. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan tentang persepsi calon guru tentang kepemimpinan kelas dalam pengajaran bahasa Inggris selama program magang, menemukan kesulitan yang dihadapi oleh calon guru, dan juga strategi calon guru yang digunakan untuk melaksanakan pengajaran yang efektif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, wawancara sebagai instrumen untuk mendapatkan pengumpulan data, dan enam peserta yang telah mengajar bahasa Inggris dalam program magang dilibatkan. Penelitian ini menemukan bahwa persepsi calon guru tentang kepemimpinan kelas didefinisikan dengan memberikan arahan atau panduan melalui proses pembelajaran untuk mendapatkan kelas yang efektif. Kesulitan calon guru yang dihadapi saat mengajar bahasa Inggris dalam program magang adalah siswa kurang fokus, kesulitan dalam mengelola kelas, perilaku buruk siswa dan juga siswa tidak mematuhi instruksi guru. Akan tetapi, calon guru juga menerapkan strategi agar pembelajaran berlangsung efektif, yaitu dengan memberikan permainan selama pembelajaran, menerapkan ice breaking, berkomunikasi dengan baik dengan siswa, dan terakhir menerapkan tata tertib kelas.
| Dosen Pembimbing: | Suryanto, S.Pd., M.H.Sc., Ph.D. | NIDN0529067302 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Pre-Service Teacher, Classroom Leadership, Teaching English, Internship |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 02:26 |
| Last Modified: | 14 Jul 2025 02:26 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51734 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
