NOVITA PUTRI HAPSARI (2025) PRE-SERVICE TEACHER PERCEPTION OF CLASSROOM LEADERSHIP IN TEACHING ENGLISH DURING INTERNSHIP PROGRAM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (712kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (512kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Seorang calon guru membutuhkan kinerja tinggi yang baik untuk menyelenggarakan lingkungan belajar yang nyaman. Keterampilan nonteknis calon guru juga berperan besar dalam proses pengajaran yang sukses, keterampilan kepemimpinan juga tertanam dalam keterampilan nonteknis calon guru. Tanggung jawab untuk menyelenggarakan dan mengatur ruang kelas memberikan proses pengembangan sebagai calon guru untuk belajar. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan tentang persepsi calon guru tentang kepemimpinan kelas dalam pengajaran bahasa Inggris selama program magang, menemukan kesulitan yang dihadapi oleh calon guru, dan juga strategi calon guru yang digunakan untuk melaksanakan pengajaran yang efektif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, wawancara sebagai instrumen untuk mendapatkan pengumpulan data, dan enam peserta yang telah mengajar bahasa Inggris dalam program magang dilibatkan. Penelitian ini menemukan bahwa persepsi calon guru tentang kepemimpinan kelas didefinisikan dengan memberikan arahan atau panduan melalui proses pembelajaran untuk mendapatkan kelas yang efektif. Kesulitan calon guru yang dihadapi saat mengajar bahasa Inggris dalam program magang adalah siswa kurang fokus, kesulitan dalam mengelola kelas, perilaku buruk siswa dan juga siswa tidak mematuhi instruksi guru. Akan tetapi, calon guru juga menerapkan strategi agar pembelajaran berlangsung efektif, yaitu dengan memberikan permainan selama pembelajaran, menerapkan ice breaking, berkomunikasi dengan baik dengan siswa, dan terakhir menerapkan tata tertib kelas.

Dosen Pembimbing: Suryanto, S.Pd., M.H.Sc., Ph.D. | NIDN0529067302
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pre-Service Teacher, Classroom Leadership, Teaching English, Internship
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Bima
Date Deposited: 14 Jul 2025 02:26
Last Modified: 14 Jul 2025 02:26
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51734

Actions (login required)

View Item View Item