ADITYA RAHMAT ZULFIKAR (2025) PERANCANGAN DESIGN INTERFACE TELEMEDICINE PADA PELAYANAN KESEHATAN LANSIA DENGAN PENYAKIT KRONIS DARI PERSPEKTIF TENAGA KESEHATAN. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (466kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (539kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (22kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (127kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (800kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pertumbuhan jumlah lansia dengan penyakit kronis mendorong kebutuhan akan sistem pelayanan kesehatan yang lebih efisien, inklusif, dan berkelanjutan. Telemedicine menjadi salah satu solusi potensial, namun implementasinya sering kali belum sepenuhnya mempertimbangkan kebutuhan pengguna, khususnya dari perspektif tenaga kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain antarmuka sistem telemedicine berbasis pendekatan Human-Centered Design (HCD) yang sesuai dengan kebutuhan tenaga kesehatan dalam pelayanan terhadap lansia dengan penyakit kronis. Metode yang digunakan adalah kualitatif eksploratif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan tiga tenaga kesehatan yang terlibat dalam layanan program PROLANIS di Klinik Pratama Firdaus Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem telemedicine yang ada masih memiliki berbagai hambatan, seperti tidak terintegrasi dengan alur kerja, beban administratif tambahan, dan keterbatasan fitur bagi lansia. Tenaga kesehatan menekankan pentingnya fitur seperti ringkasan klinis yang sederhana, notifikasi pintar, fasilitas edukasi visual, serta interface yang intuitif dengan ikon besar dan warna kontras tinggi. Berdasarkan temuan tersebut, dirancanglah prototipe antarmuka telemedicine yang menempatkan tenaga kesehatan sebagai pengguna utama dan memperhatikan kebutuhan pasien lansia secara tidak langsung. Desain yang dikembangkan mendukung efisiensi kerja, meningkatkan pemahaman pasien, dan memperkuat keterlibatan pengguna dalam pelayanan digital. Selanjutnya, keterlibatan aktif tenaga kesehatan dalam proses desain dan integrasi sistem telemedicine serta dukungan sistem kesehatan dan teknologi yg berkelanjutan perlu dijadikan standar dalam pengembangan layanan digital agar selaras dengan kebutuhan klinis dan mendukung keberlanjutan pemanfaatan teknologi di layanan primer.
| Dosen Pembimbing: | Merita Arini, Dr. dr., MMR and Winny Setyonugroho, S.Ked., M.T., Ph.D. | NIDN0516118702, NIDN0518077402 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S2) |
| Uncontrolled Keywords: | telemedicine, elderly, chronic disease, human-centered design, interface design, healthcare professionals |
| Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Administrasi Rumah Sakit |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 02:16 |
| Last Modified: | 14 Jul 2025 02:16 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51740 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
