MUHAMMAD ARIF BILLAH (2025) PERSONAL BRANDING OF LORIAN AS A LOW-BUDGET BACKPACKER ON INSTAGRAM ACCOUNT @LORIANBACKPACKER IN 2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (2MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (796kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (804kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang personal branding yang dibangun oleh Indah Suci Lorian, seorang backpacker low-budget, melalui akun Instagram miliknya, @lorianbackpacker, pada tahun 2023. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan memahami secara komprehensif perkembangan personal branding Lorian sebagai seorang backpacker low-budget melalui akun Instagram miliknya pada tahun 2023, sesuai dengan kerangka teori yang dikemukakan oleh Peter Montoya (2009). Kerangka teori ini menyatakan bahwa personal branding yang efektif mencakup beberapa elemen kunci, termasuk specialization, leadership, personality, distinctiveness, visibility, unity, persistence, dan goodwill. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif, menggunakan metode wawancara dan pengumpulan dokumen untuk pengumpulan data. Analisis data dilakukan melalui triangulasi sumber. Informan termasuk pemilik akun Instagram @lorianbackpacker dan tiga pengikut akun tersebut. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Indah Suci Lorian menganut konsep personal branding yang digariskan oleh Peter Montoya. Khususnya, personal branding Lorian bagian visibility lebih menonjol dari kreator konten travelling lainnya karena ia secara konsisten menyertakan tas ransel merah muda khasnya di setiap unggahan, yang berfungsi sebagai representasi visual dari pengalaman backpacking beranggaran rendah dan menunjukkan ketahanan dan wataknya yang ceria. Akan tetapi, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa area yang perlu ditingkatkan dalam personal branding Lorian, khususnya dalam elemen persistence. Diketahui bahwa Lorian kerap kali menghilang dari Instagram, yang menyebabkan kurangnya konsistensi dalam unggahan. Selain itu, perhatian Lorian terhadap detail dalam tata letak unggahan di Instagram tampaknya kurang, sehingga menghasilkan kesan yang tidak teratur secara keseluruhan. Oleh karena itu, Lorian harus mengembangkan strategi yang lebih konsisten dan komprehensif untuk meningkatkan pencitraan personal branding-nya sebagai kreator konten travelling.
| Dosen Pembimbing: | Nur Sofyan, Dr., S.I.Kom., M.I.Kom | NIDN0504078901 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Personal Branding, Backpacker, Content Creator, Instagram |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 01:46 |
| Last Modified: | 14 Jul 2025 01:46 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51758 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
