MUHAMMAD ARIF BILLAH (2025) PERSONAL BRANDING OF LORIAN AS A LOW-BUDGET BACKPACKER ON INSTAGRAM ACCOUNT @LORIANBACKPACKER IN 2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (796kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang personal branding yang dibangun oleh Indah Suci Lorian, seorang backpacker low-budget, melalui akun Instagram miliknya, @lorianbackpacker, pada tahun 2023. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan memahami secara komprehensif perkembangan personal branding Lorian sebagai seorang backpacker low-budget melalui akun Instagram miliknya pada tahun 2023, sesuai dengan kerangka teori yang dikemukakan oleh Peter Montoya (2009). Kerangka teori ini menyatakan bahwa personal branding yang efektif mencakup beberapa elemen kunci, termasuk specialization, leadership, personality, distinctiveness, visibility, unity, persistence, dan goodwill. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif, menggunakan metode wawancara dan pengumpulan dokumen untuk pengumpulan data. Analisis data dilakukan melalui triangulasi sumber. Informan termasuk pemilik akun Instagram @lorianbackpacker dan tiga pengikut akun tersebut. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Indah Suci Lorian menganut konsep personal branding yang digariskan oleh Peter Montoya. Khususnya, personal branding Lorian bagian visibility lebih menonjol dari kreator konten travelling lainnya karena ia secara konsisten menyertakan tas ransel merah muda khasnya di setiap unggahan, yang berfungsi sebagai representasi visual dari pengalaman backpacking beranggaran rendah dan menunjukkan ketahanan dan wataknya yang ceria. Akan tetapi, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa area yang perlu ditingkatkan dalam personal branding Lorian, khususnya dalam elemen persistence. Diketahui bahwa Lorian kerap kali menghilang dari Instagram, yang menyebabkan kurangnya konsistensi dalam unggahan. Selain itu, perhatian Lorian terhadap detail dalam tata letak unggahan di Instagram tampaknya kurang, sehingga menghasilkan kesan yang tidak teratur secara keseluruhan. Oleh karena itu, Lorian harus mengembangkan strategi yang lebih konsisten dan komprehensif untuk meningkatkan pencitraan personal branding-nya sebagai kreator konten travelling.

Dosen Pembimbing: Nur Sofyan, Dr., S.I.Kom., M.I.Kom | NIDN0504078901
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Personal Branding, Backpacker, Content Creator, Instagram
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Bima
Date Deposited: 14 Jul 2025 01:46
Last Modified: 14 Jul 2025 01:46
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51758

Actions (login required)

View Item View Item