NIA FEBRIKA NUR HASANAH (2025) GLAMORIZATION AS ONE OF TOBACCO MESSAGE FRAMING ON INDONESIAN SOCIAL MEDIA: AN ANALYTICAL STUDY OF TOBACCO ENFORCEMENT REPORTING MOVEMENT (TERM). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (286kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (200kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (14kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Latar Belakang: Perkembangan media sosial telah menciptakan ruang baru bagi promosi terselubung produk tembakau. Iklan, Promosi, dan Sponsor (IPS) rokok yang disebarkan melalui media sosial sering kali dikemas dengan unsur glamorisasi, menampilkan gaya hidup bebas dan menarik yang berpotensi memengaruhi persepsi remaja terhadap rokok. Fenomena ini dapat memperkuat normalisasi perilaku merokok dan melemahkan pesan gaya hidup sehat. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respons masyarakat terhadap konten IPS rokok yang mengandung unsur glamorisasi di media sosial Indonesia, dengan data yang diperoleh dari platform TERM. Secara khusus, penelitian ini menganalisis respons kualitatif berupa komentar pengguna, serta respons kuantitatif berupa jumlah komentar, like, dan share. Metode: Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methods). Pendekatan kualitatif dilakukan melalui analisis isi komentar pada unggahan IPS rokok, sedangkan pendekatan kuantitatif dilakukan dengan menghitung jumlah interaksi digital (komentar, like, dan share) untuk melihat tingkat keterlibatan pengguna. Hasil: Analisa kuantitatif di lakukan terhadap 159 data. Sementara itu analisa kualitatif dilakukan terhadap 252 komentar Facebook dan 647 komentar Instagram. Respons kualitatif terhadap IPS rokok didominasi oleh komentar singkat, emotikon, atau humor, yang cenderung mengabaikan isu kesehatan. Sementara itu, secara kuantitatif konten IPS rokok menunjukkan tingkat interaksi yang tinggi mengindikasikan adanya ketertarikan atau penerimaan audiens terhadap konten tersebut. Kesimpulan: Paparan IPS rokok yang dikemas secara glamor di media sosial berpotensi memperkuat persepsi positif terhadap rokok, terutama di kalangan remaja. Bahkan interaksi sederhana seperti komentar dan like dapat memperkuat normalisasi perilaku merokok. Oleh karena itu, diperlukan regulasi dan literasi digital yang lebih kuat untuk membatasi pengaruh IPS rokok di ruang digital.
| Dosen Pembimbing: | Dianita Sugiyo, S.Kep., Ns., MHID. | NIDN0508018202 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | TERM, Social Media, Cigarette |
| Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Keperawatan |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 01:45 |
| Last Modified: | 14 Jul 2025 01:45 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51760 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
