NUR AULIA (2025) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS KURIKULUM 2018 DAN KURIKULUM 2022 DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN FKIK UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang: Pergeseran dari Kurikulum Berbasis Kompetensi (2018) menuju Kurikulum Berbasis Hasil (2022) di FKIK UMY bertujuan meningkatkan kompetensi dan kesiapan profesional mahasiswa. Penelitian ini bertujuan membandingkan efektivitas kedua kurikulum dalam mencapai kompetensi mahasiswa, ditinjau dari capaian nilai MCQ di setiap blok, blok biomedik dan klinik, serta hasil OSCE tiap semester. Metode: Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif retrospektif dengan pendekatan cross-sectional. Subjek penelitian terdiri dari mahasiswa angkatan 2021 (Kurikulum 2018) dan angkatan 2022 (Kurikulum 2022) yang telah menyelesaikan penilaian MCQ dan OSCE pada semester 1 hingga 5. Analisis data dilakukan menggunakan uji Independent T-Test atau uji Mann–Whitney U sesuai distribusi data. Hasil: Dari 14 blok yang dianalisis dari semester 1-5, 13 blok menunjukkan perbedaan nilai MCQ yang signifikan (p < 0,05), dengan 8 blok lebih tinggi pada Kurikulum 2018 dan 5 blok lebih tinggi pada Kurikulum 2022. Tidak ditemukan perbedaan signifikan pada blok Keterampilan Belajar (p = 0,647). Blok biomedik tidak menunjukkan perbedaan signifikan (p = 0,092), sementara blok klinik menunjukkan perbedaan signifikan (p < 0,05). Nilai OSCE juga menunjukkan perbedaan signifikan pada semester 1, 3, 4, dan 5 (p < 0,05), namun tidak signifkan pada semester 2. Kesimpulan: Kurikulum 2018 menunjukan rerata nilai blok MCQ sebanyak 8 blok dari 14 blok lebih tinggi, rerata gabungan nilai blok klinik lebih tinggi, dan rerata nilai 3 dari 5 ujian OSCE lebih tinggi dibandingkan Kurikulum 2022.

Dosen Pembimbing: Sri Sundari, Dr. dr, M.Kes | NIDN0513046701
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Curriculum, Effectiveness, MCQ, OSCE, Medical Education
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Kedokteran
Depositing User: Bima
Date Deposited: 14 Jul 2025 01:42
Last Modified: 14 Jul 2025 01:42
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51763

Actions (login required)

View Item View Item