NUR AULIA (2025) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS KURIKULUM 2018 DAN KURIKULUM 2022 DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN FKIK UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (293kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Latar Belakang: Pergeseran dari Kurikulum Berbasis Kompetensi (2018) menuju Kurikulum Berbasis Hasil (2022) di FKIK UMY bertujuan meningkatkan kompetensi dan kesiapan profesional mahasiswa. Penelitian ini bertujuan membandingkan efektivitas kedua kurikulum dalam mencapai kompetensi mahasiswa, ditinjau dari capaian nilai MCQ di setiap blok, blok biomedik dan klinik, serta hasil OSCE tiap semester. Metode: Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif retrospektif dengan pendekatan cross-sectional. Subjek penelitian terdiri dari mahasiswa angkatan 2021 (Kurikulum 2018) dan angkatan 2022 (Kurikulum 2022) yang telah menyelesaikan penilaian MCQ dan OSCE pada semester 1 hingga 5. Analisis data dilakukan menggunakan uji Independent T-Test atau uji Mann–Whitney U sesuai distribusi data. Hasil: Dari 14 blok yang dianalisis dari semester 1-5, 13 blok menunjukkan perbedaan nilai MCQ yang signifikan (p < 0,05), dengan 8 blok lebih tinggi pada Kurikulum 2018 dan 5 blok lebih tinggi pada Kurikulum 2022. Tidak ditemukan perbedaan signifikan pada blok Keterampilan Belajar (p = 0,647). Blok biomedik tidak menunjukkan perbedaan signifikan (p = 0,092), sementara blok klinik menunjukkan perbedaan signifikan (p < 0,05). Nilai OSCE juga menunjukkan perbedaan signifikan pada semester 1, 3, 4, dan 5 (p < 0,05), namun tidak signifkan pada semester 2. Kesimpulan: Kurikulum 2018 menunjukan rerata nilai blok MCQ sebanyak 8 blok dari 14 blok lebih tinggi, rerata gabungan nilai blok klinik lebih tinggi, dan rerata nilai 3 dari 5 ujian OSCE lebih tinggi dibandingkan Kurikulum 2022.
| Dosen Pembimbing: | Sri Sundari, Dr. dr, M.Kes | NIDN0513046701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Curriculum, Effectiveness, MCQ, OSCE, Medical Education |
| Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Kedokteran |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 01:42 |
| Last Modified: | 14 Jul 2025 01:42 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51763 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
