INDAH PRIMA PERMATA (2025) EXPLORING THE AUDITORY CHALLENGES: UNEARTHING ANXIETY AND COPING MECHANISMS IN EFL LISTENING SKILLS AMONG SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (321kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (170kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian deskriptif kualitatif ini mengeksplorasi tantangan pendengaran yang dihadapi oleh siswa sekolah menengah atas dalam mempelajari Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL), dengan fokus khusus pada kecemasan mendengarkan dan strategi penanganan yang digunakan siswa. Termotivasi oleh pengamatan di kelas, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki (1) faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kecemasan terkait mendengarkan dan (2) strategi yang digunakan oleh siswa untuk mengelola dan mengatasi kecemasan ini. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dengan lima siswa dari sekolah menengah atas di Salatiga, Indonesia. Temuan menunjukkan bahwa kecemasan mendengarkan muncul dari tiga sumber utama: kesulitan linguistik (misalnya, kosakata yang terbatas, pengucapan yang tidak biasa, ucapan yang tidak tersambung), masalah teknis (misalnya, kualitas audio yang buruk dan aksen yang tidak biasa), dan faktor psikologis (misalnya, stres yang berhubungan dengan tes dan kepercayaan diri yang rendah). Faktor-faktor ini mengganggu pemahaman dan memicu tekanan emosional, sehingga mengurangi keefektifan siswa selama tugas menyimak. Untuk mengatasi tantangan-tantangan ini, para siswa mengembangkan berbagai strategi, termasuk self-talk yang positif, berfokus pada makna umum daripada setiap kata, mendengarkan berulang-ulang, penggunaan subtitle, persiapan sebelum tugas mendengarkan, dan mencari dukungan dari teman sebaya dan guru. Strategi ini mencerminkan kombinasi pendekatan kognitif, metakognitif, dan sosio-afektif. Studi ini menyimpulkan bahwa kecemasan mendengarkan dalam pengaturan EFL adalah fenomena kompleks yang membutuhkan dukungan pedagogis dan emosional. Temuan ini menunjukkan implikasi praktis bagi pendidik dan institusi, seperti menggabungkan strategi pengurangan kecemasan dalam instruksi mendengarkan dan menyediakan materi mendengarkan yang dapat diakses dan sesuai dengan tingkat siswa untuk mendukung kepercayaan diri dan pengembangan keterampilan siswa.
| Dosen Pembimbing: | Endro Dwi Hatmanto, S.Pd., M.A., Ph.D | NIDN0526077202 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Listening Anxiety, EFL Listening Skills, Coping Strategies, Senior High School Students |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 01:41 |
| Last Modified: | 14 Jul 2025 01:41 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51764 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
