NAFISAH NUR AINI (2025) AN ANALYSIS OF LANGUAGE LEARNING STRATEGIES USED BY ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT STUDENTS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (984kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Strategi pembelajaran bahasa Inggris memegang peranan penting dalam keberhasilan belajar siswa. Akan tetapi, siswa masih kurang memiliki kesadaran dan penerapan strategi pembelajaran secara luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pembelajaran apa yang paling sering digunakan oleh mahasiswa pendidikan bahasa Inggris di sebuah universitas swasta di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan menggunakan Strategy Inventory for Language Learning (SILL), sebagai instrumen penelitian. Data yang terkumpul dari 40 mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di sebuah universitas swasta di Yogyakarta kemudian dianalisis menggunakan SPSS Versi 23. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kategori strategi yang paling sering digunakan adalah strategi metakognitif (M = 3,144), diikuti oleh strategi sosial (M = 2,858), strategi memori (M = 2,844), dan strategi kompensasi (M = 2,838). Strategi yang paling jarang digunakan adalah strategi afektif (M = 2,700). Setiap strategi berada pada level sedang (kisaran rata-rata: 2,50 - 3,24), yang berarti bahwa siswa ELED menggunakan setiap kategori cukup sering, tetapi tidak konsisten.

Dosen Pembimbing: Sri Rejeki Murtiningsih, S.Pd., M.Ed., Ph.D. | NIDN0518047702
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: language learning strategies, learning strategies, strategy use, SILL, EFL students
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Bima
Date Deposited: 14 Jul 2025 01:42
Last Modified: 14 Jul 2025 01:42
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51765

Actions (login required)

View Item View Item