NAFISAH NUR AINI (2025) AN ANALYSIS OF LANGUAGE LEARNING STRATEGIES USED BY ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT STUDENTS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (181kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (984kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Strategi pembelajaran bahasa Inggris memegang peranan penting dalam keberhasilan belajar siswa. Akan tetapi, siswa masih kurang memiliki kesadaran dan penerapan strategi pembelajaran secara luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pembelajaran apa yang paling sering digunakan oleh mahasiswa pendidikan bahasa Inggris di sebuah universitas swasta di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan menggunakan Strategy Inventory for Language Learning (SILL), sebagai instrumen penelitian. Data yang terkumpul dari 40 mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di sebuah universitas swasta di Yogyakarta kemudian dianalisis menggunakan SPSS Versi 23. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kategori strategi yang paling sering digunakan adalah strategi metakognitif (M = 3,144), diikuti oleh strategi sosial (M = 2,858), strategi memori (M = 2,844), dan strategi kompensasi (M = 2,838). Strategi yang paling jarang digunakan adalah strategi afektif (M = 2,700). Setiap strategi berada pada level sedang (kisaran rata-rata: 2,50 - 3,24), yang berarti bahwa siswa ELED menggunakan setiap kategori cukup sering, tetapi tidak konsisten.
| Dosen Pembimbing: | Sri Rejeki Murtiningsih, S.Pd., M.Ed., Ph.D. | NIDN0518047702 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | language learning strategies, learning strategies, strategy use, SILL, EFL students |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 01:42 |
| Last Modified: | 14 Jul 2025 01:42 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51765 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
