LILO BIMA SETIAJI (2025) ANALISIS HUBUNGAN GEOMETRIK JALAN DENGAN KECELAKAAN PADA RUAS JALAN SENTOLO-BROSOT KM. 7,0 – KM. 10,5, KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Ruas Jalan Sentolo–Brosot di Kabupaten Kulon Progo merupakan jalan provinsi yang berfungsi sebagai penghubung utama aktivitas masyarakat. Dalam tiga tahun terakhir (2022–2024), tercatat 40 kasus kecelakaan lalu lintas terjadi di ruas ini, sehingga perlu dilakukan analisis terhadap faktor penyebabnya, khususnya dari aspek geometrik jalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kondisi geometrik jalan dengan kecelakaan lalu lintas pada ruas Km 7,0–Km 10,5. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, meliputi survei lapangan, inspeksi keselamatan jalan (IKJ), serta pemodelan geometrik menggunakan AutoCAD Civil 3D. Data yang diperoleh dibandingkan dengan standar Pedoman Desain Geometrik Bina Marga tahun 2021. Hasil menunjukkan bahwa 70% tikungan dan 89% lengkung vertikal tidak memenuhi standar teknis. Kecelakaan lebih sering terjadi pada segmen dengan geometri yang tidak sesuai, meskipun kecepatan kendaraan masih dalam batas aman (31–32 km/jam). Penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa ketidaksesuaian elemen geometrik jalan memiliki pengaruh signifikan terhadap tingginya angka kecelakaan. Oleh karena itu, perbaikan desain geometri serta peningkatan fasilitas keselamatan jalan perlu dilakukan untuk mengurangi risiko kecelakaan di masa mendatang.

Dosen Pembimbing: Noor Mahmudah, Dr. Ir., S.T., M.Eng., IPM., ASEAN Eng. | NIDN0003107001
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: AutoCAD Civil 3D, Geometric, Safety Inspection, Road, Accident
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Bima
Date Deposited: 14 Jul 2025 01:38
Last Modified: 14 Jul 2025 01:38
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51767

Actions (login required)

View Item View Item