LILO BIMA SETIAJI (2025) ANALISIS HUBUNGAN GEOMETRIK JALAN DENGAN KECELAKAAN PADA RUAS JALAN SENTOLO-BROSOT KM. 7,0 – KM. 10,5, KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (134kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (724kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
Ruas Jalan Sentolo–Brosot di Kabupaten Kulon Progo merupakan jalan provinsi yang berfungsi sebagai penghubung utama aktivitas masyarakat. Dalam tiga tahun terakhir (2022–2024), tercatat 40 kasus kecelakaan lalu lintas terjadi di ruas ini, sehingga perlu dilakukan analisis terhadap faktor penyebabnya, khususnya dari aspek geometrik jalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kondisi geometrik jalan dengan kecelakaan lalu lintas pada ruas Km 7,0–Km 10,5. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, meliputi survei lapangan, inspeksi keselamatan jalan (IKJ), serta pemodelan geometrik menggunakan AutoCAD Civil 3D. Data yang diperoleh dibandingkan dengan standar Pedoman Desain Geometrik Bina Marga tahun 2021. Hasil menunjukkan bahwa 70% tikungan dan 89% lengkung vertikal tidak memenuhi standar teknis. Kecelakaan lebih sering terjadi pada segmen dengan geometri yang tidak sesuai, meskipun kecepatan kendaraan masih dalam batas aman (31–32 km/jam). Penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa ketidaksesuaian elemen geometrik jalan memiliki pengaruh signifikan terhadap tingginya angka kecelakaan. Oleh karena itu, perbaikan desain geometri serta peningkatan fasilitas keselamatan jalan perlu dilakukan untuk mengurangi risiko kecelakaan di masa mendatang.
| Dosen Pembimbing: | Noor Mahmudah, Dr. Ir., S.T., M.Eng., IPM., ASEAN Eng. | NIDN0003107001 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | AutoCAD Civil 3D, Geometric, Safety Inspection, Road, Accident |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 01:38 |
| Last Modified: | 14 Jul 2025 01:38 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51767 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
