ABDULLAH FAJAR ANWAR (2025) ANALISIS HUBUNGAN GEOMETRIK JALAN TERHADAP KECELAKAAN PADA RUAS JALAN SENTOLO – BROSOT KM 1,4 – KM 4,4 KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (122kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (751kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Ruas Jalan Sentolo–Brosot Km 1,4 – Km 4,4 di Kabupaten Kulon Progo merupakan bagian dari jaringan jalan strategis provinsi yang memiliki tingkat kecelakaan lalu lintas cukup tinggi dalam tiga tahun terakhir, sehingga menuntut evaluasi menyeluruh terhadap kelayakan geometrik jalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi geometrik jalan serta hubungannya terhadap kecelakaan lalu lintas melalui pendekatan Inspeksi Keselamatan Jalan (IKJ) dan pemodelan menggunakan AutoCAD Civil 3D. Metode yang digunakan meliputi pengumpulan data primer melalui survei lapangan dan IKJ sesuai Pedoman Bina Marga Nomor 03 Tahun 2024, serta data sekunder dari Kepolisian Resor Kulon Progo. Untuk itu, analisis geometrik jalan dilakukan berdasarkan data hasil survei IKJ, yang selanjutnya dimodelkan secara digital menggunakan perangkat lunak AutoCAD Civil 3D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 63,63% parameter geometrik pada ruas jalan tersebut tidak memenuhi ketentuan dalam Pedoman Desain Geometrik Jalan Bina Marga Tahun 2021. Hasil analisis menggunakan AutoCAD Civil 3D menunjukkan bahwa ruas jalan yang diteliti memiliki 16 alinemen horizontal dan 14 alinemen vertikal. Namun deminikian, 100% radius tikungan, 11,76% kelandaian, dan 71,43% nilai kontrol desain lengkung vertikal (K) tidak memenuhi syarat. Kesimpulan ini menunjukkan bahwa kondisi geometrik ruas jalan tersebut berkontribusi signifikan terhadap peningkatan potensi kecelakaan lalu lintas, termasuk kecelakaan dengan tingkat fatalitas tinggi.
| Dosen Pembimbing: | Noor Mahmudah, Dr. Ir., S.T., M.Eng., IPM., ASEAN Eng. | NIDN0003107001 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | road safety, road geometry, AutoCAD Civil 3D, alignment, KulonProgo |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 01:31 |
| Last Modified: | 14 Jul 2025 01:31 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51772 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
