ABDULLAH FAJAR ANWAR (2025) ANALISIS HUBUNGAN GEOMETRIK JALAN TERHADAP KECELAKAAN PADA RUAS JALAN SENTOLO – BROSOT KM 1,4 – KM 4,4 KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Ruas Jalan Sentolo–Brosot Km 1,4 – Km 4,4 di Kabupaten Kulon Progo merupakan bagian dari jaringan jalan strategis provinsi yang memiliki tingkat kecelakaan lalu lintas cukup tinggi dalam tiga tahun terakhir, sehingga menuntut evaluasi menyeluruh terhadap kelayakan geometrik jalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi geometrik jalan serta hubungannya terhadap kecelakaan lalu lintas melalui pendekatan Inspeksi Keselamatan Jalan (IKJ) dan pemodelan menggunakan AutoCAD Civil 3D. Metode yang digunakan meliputi pengumpulan data primer melalui survei lapangan dan IKJ sesuai Pedoman Bina Marga Nomor 03 Tahun 2024, serta data sekunder dari Kepolisian Resor Kulon Progo. Untuk itu, analisis geometrik jalan dilakukan berdasarkan data hasil survei IKJ, yang selanjutnya dimodelkan secara digital menggunakan perangkat lunak AutoCAD Civil 3D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 63,63% parameter geometrik pada ruas jalan tersebut tidak memenuhi ketentuan dalam Pedoman Desain Geometrik Jalan Bina Marga Tahun 2021. Hasil analisis menggunakan AutoCAD Civil 3D menunjukkan bahwa ruas jalan yang diteliti memiliki 16 alinemen horizontal dan 14 alinemen vertikal. Namun deminikian, 100% radius tikungan, 11,76% kelandaian, dan 71,43% nilai kontrol desain lengkung vertikal (K) tidak memenuhi syarat. Kesimpulan ini menunjukkan bahwa kondisi geometrik ruas jalan tersebut berkontribusi signifikan terhadap peningkatan potensi kecelakaan lalu lintas, termasuk kecelakaan dengan tingkat fatalitas tinggi.

Dosen Pembimbing: Noor Mahmudah, Dr. Ir., S.T., M.Eng., IPM., ASEAN Eng. | NIDN0003107001
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: road safety, road geometry, AutoCAD Civil 3D, alignment, KulonProgo
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Bima
Date Deposited: 14 Jul 2025 01:31
Last Modified: 14 Jul 2025 01:31
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51772

Actions (login required)

View Item View Item