MASKUR BAFADAL (2025) AN INVESTIGATION OF STUDENTS' ENGLISH VOCABULARY MEMORIZATION STRATEGIES IN THE DIGITAL ERA IN THE ENGLISH INSTRUCTION PROCESS AT ISLAMIC PRIVATE UNIVERSITY IN YOGYAKARTA, INDONESIA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (399kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (182kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (789kB) |
Abstract
Studi ini mengeksplorasi strategi menghafal kosakata yang digunakan oleh mahasiswa di era digital dalam konteks pengajaran bahasa Inggris di sebuah universitas swasta Islam di Yogyakarta, Indonesia. Berlandaskan pada desain penelitian kualitatif deskriptif, studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi yang paling umum digunakan, mengevaluasi efektivitas yang dirasakan, dan menyelidiki faktor-faktor yang memengaruhi pemilihan strategi oleh mahasiswa. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan lima partisipan yang dipilih secara sengaja dari kelompok tahun 2022. Analisis tematik dilakukan dengan menggunakan kode terbuka, aksial, dan selektif untuk menginterpretasikan data. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa mahasiswa sebagian besar menggunakan kombinasi kartu flash digital, aplikasi pengulangan spasi, dan teknik mnemonik multimedia. Strategi-strategi ini dianggap efektif karena aksesibilitas, interaktivitas, dan keselarasannya dengan preferensi kognitif dan nilai-nilai budaya-agama pelajar. Faktor-faktor seperti literasi digital, gaya belajar pribadi, akses teknologi, dan konteks agama secara signifikan memengaruhi pilihan strategi. Studi ini menawarkan wawasan berharga bagi mahasiswa, pendidik, administrator universitas, dan peneliti masa depan untuk meningkatkan pengajaran kosakata melalui pendekatan yang relevan secara kontekstual dan terintegrasi secara digital.
| Dosen Pembimbing: | Suryanto, S.Pd., M.H.Sc., Ph.D. | NIDN0529067302 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Vocabulary Memorization Strategies, Digital Learning Tools, English as a Foreign Language (EFL), Islamic Higher Education, Qualitative Research |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 01:28 |
| Last Modified: | 14 Jul 2025 01:28 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51774 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
