MASKUR BAFADAL (2025) AN INVESTIGATION OF STUDENTS' ENGLISH VOCABULARY MEMORIZATION STRATEGIES IN THE DIGITAL ERA IN THE ENGLISH INSTRUCTION PROCESS AT ISLAMIC PRIVATE UNIVERSITY IN YOGYAKARTA, INDONESIA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (399kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)

Abstract

Studi ini mengeksplorasi strategi menghafal kosakata yang digunakan oleh mahasiswa di era digital dalam konteks pengajaran bahasa Inggris di sebuah universitas swasta Islam di Yogyakarta, Indonesia. Berlandaskan pada desain penelitian kualitatif deskriptif, studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi yang paling umum digunakan, mengevaluasi efektivitas yang dirasakan, dan menyelidiki faktor-faktor yang memengaruhi pemilihan strategi oleh mahasiswa. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan lima partisipan yang dipilih secara sengaja dari kelompok tahun 2022. Analisis tematik dilakukan dengan menggunakan kode terbuka, aksial, dan selektif untuk menginterpretasikan data. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa mahasiswa sebagian besar menggunakan kombinasi kartu flash digital, aplikasi pengulangan spasi, dan teknik mnemonik multimedia. Strategi-strategi ini dianggap efektif karena aksesibilitas, interaktivitas, dan keselarasannya dengan preferensi kognitif dan nilai-nilai budaya-agama pelajar. Faktor-faktor seperti literasi digital, gaya belajar pribadi, akses teknologi, dan konteks agama secara signifikan memengaruhi pilihan strategi. Studi ini menawarkan wawasan berharga bagi mahasiswa, pendidik, administrator universitas, dan peneliti masa depan untuk meningkatkan pengajaran kosakata melalui pendekatan yang relevan secara kontekstual dan terintegrasi secara digital.

Dosen Pembimbing: Suryanto, S.Pd., M.H.Sc., Ph.D. | NIDN0529067302
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Vocabulary Memorization Strategies, Digital Learning Tools, English as a Foreign Language (EFL), Islamic Higher Education, Qualitative Research
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Bima
Date Deposited: 14 Jul 2025 01:28
Last Modified: 14 Jul 2025 01:28
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51774

Actions (login required)

View Item View Item