MENIK TRI SULARSIH (2025) BENEFITS AND CHALLENGES OF USING VIDEOS AS TEACHING MEDIA IN A SECONDARY SCHOOL: TEACHER'S POINT OF VIEW. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (645kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi manfaat dan tantangan penggunaan video sebagai media pengajaran dari perspektif guru bahasa Inggris di sebuah sekolah menengah atas di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, yang melibatkan tiga guru bahasa Inggris yang memiliki pengalaman menggunakan video dalam pengajaran di kelas. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan dianalisis menggunakan analisis tematik. Temuan penelitian mengungkapkan tiga manfaat utama penggunaan video dalam pengajaran bahasa Inggris: (1) peningkatan keterampilan bahasa siswa, termasuk kosakata dan pengucapan; (2) peningkatan keterlibatan dan motivasi siswa; dan (3) dukungan untuk pembelajaran mandiri dengan memungkinkan akses yang fleksibel ke materi. Namun, guru juga menghadapi beberapa tantangan, termasuk: (1) akses terbatas ke infrastruktur seperti proyektor dan pengeras suara berkualitas; (2) keterbatasan waktu dan beban kerja yang berat yang menghambat persiapan video dan integrasi kelas; dan (3) tingkat pemahaman siswa yang bervariasi, yang memerlukan penjelasan berulang dan pemutaran video. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi para pendidik, lembaga, dan peneliti masa depan tentang penggunaan video yang strategis dalam konteks EFL. Penelitian ini menyoroti pentingnya kesiapan guru, dukungan lembaga, dan pemilihan video yang berpusat pada siswa untuk mengoptimalkan efektivitas pengajaran berbasis multimedia.

Dosen Pembimbing: ANDI WIRANTAKA | NIDN0526078601
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: video-based learning, teaching media, teacher perception, EFL, language teaching
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Bima
Date Deposited: 14 Jul 2025 01:25
Last Modified: 14 Jul 2025 01:25
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51776

Actions (login required)

View Item View Item