MENIK TRI SULARSIH (2025) BENEFITS AND CHALLENGES OF USING VIDEOS AS TEACHING MEDIA IN A SECONDARY SCHOOL: TEACHER'S POINT OF VIEW. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (645kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (532kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (141kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi manfaat dan tantangan penggunaan video sebagai media pengajaran dari perspektif guru bahasa Inggris di sebuah sekolah menengah atas di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, yang melibatkan tiga guru bahasa Inggris yang memiliki pengalaman menggunakan video dalam pengajaran di kelas. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan dianalisis menggunakan analisis tematik. Temuan penelitian mengungkapkan tiga manfaat utama penggunaan video dalam pengajaran bahasa Inggris: (1) peningkatan keterampilan bahasa siswa, termasuk kosakata dan pengucapan; (2) peningkatan keterlibatan dan motivasi siswa; dan (3) dukungan untuk pembelajaran mandiri dengan memungkinkan akses yang fleksibel ke materi. Namun, guru juga menghadapi beberapa tantangan, termasuk: (1) akses terbatas ke infrastruktur seperti proyektor dan pengeras suara berkualitas; (2) keterbatasan waktu dan beban kerja yang berat yang menghambat persiapan video dan integrasi kelas; dan (3) tingkat pemahaman siswa yang bervariasi, yang memerlukan penjelasan berulang dan pemutaran video. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi para pendidik, lembaga, dan peneliti masa depan tentang penggunaan video yang strategis dalam konteks EFL. Penelitian ini menyoroti pentingnya kesiapan guru, dukungan lembaga, dan pemilihan video yang berpusat pada siswa untuk mengoptimalkan efektivitas pengajaran berbasis multimedia.
| Dosen Pembimbing: | ANDI WIRANTAKA | NIDN0526078601 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | video-based learning, teaching media, teacher perception, EFL, language teaching |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 01:25 |
| Last Modified: | 14 Jul 2025 01:25 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51776 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
