GUELLARMO DAVID WASKITO (2025) THE EXPLORATION OF THE ADVANTAGES AND DISADVANTAGES OF CHATGPT IN SHAPING LEARNING MOTIVATION AMONG UNIVERSITY STUDENTS: A QUALITATIVE STUDY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (432kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (130kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (921kB) |
Abstract
Penelitian kualitatif ini mengeksplorasi pengalaman mahasiswa dalam menggunakan ChatGPT, sebuah alat kecerdasan buatan generatif, terhadap motivasi belajar mahasiswa sarjana dalam konteks pendidikan tinggi. Studi ini melibatkan lima mahasiswa dari berbagai program studi yang secara aktif menggunakan ChatGPT dalam tugas-tugas akademik, seperti memahami materi perkuliahan, menyelesaikan tugas, dan merencanakan persiapan ujian. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur, catatan reflektif, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan ChatGPT sebagai kecerdasan buatan generatif berdampak pada otonomi, kompetensi, dan kemampuan regulasi diri mahasiswa. Mahasiswa melaporkan adanya peningkatan kepercayaan diri, minat belajar, serta perilaku belajar yang lebih proaktif ketika menggunakan ChatGPT secara reflektif. Namun, ketergantungan yang berlebihan terhadap ChatGPT juga menyebabkan penurunan kebiasaan eksploratif, pembelajaran yang bersifat permukaan, dan pergeseran motivasi ke arah yang lebih ekstrinsik. Studi ini menyimpulkan bahwa meskipun ChatGPT dapat berfungsi sebagai alat bantu motivasional dalam lingkungan akademik, integrasi yang efektif memerlukan literasi digital yang tinggi serta penggunaan yang sadar dan kritis oleh mahasiswa. Rekomendasi diberikan kepada para pendidik dan institusi untuk mendukung penggunaan AI yang etis, reflektif, dan sesuai dengan prinsip pedagogis dalam proses pembelajaran.
| Dosen Pembimbing: | Andi Wirantaka, S.Pd., M.Hum. | NIDN0526078601 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | ChatGPT, learning motivation, self-determination theory, ARCS model, qualitative research, higher education, student autonomy |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 01:24 |
| Last Modified: | 14 Jul 2025 01:24 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51778 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
