GUELLARMO DAVID WASKITO (2025) THE EXPLORATION OF THE ADVANTAGES AND DISADVANTAGES OF CHATGPT IN SHAPING LEARNING MOTIVATION AMONG UNIVERSITY STUDENTS: A QUALITATIVE STUDY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (432kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (921kB)

Abstract

Penelitian kualitatif ini mengeksplorasi pengalaman mahasiswa dalam menggunakan ChatGPT, sebuah alat kecerdasan buatan generatif, terhadap motivasi belajar mahasiswa sarjana dalam konteks pendidikan tinggi. Studi ini melibatkan lima mahasiswa dari berbagai program studi yang secara aktif menggunakan ChatGPT dalam tugas-tugas akademik, seperti memahami materi perkuliahan, menyelesaikan tugas, dan merencanakan persiapan ujian. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur, catatan reflektif, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan ChatGPT sebagai kecerdasan buatan generatif berdampak pada otonomi, kompetensi, dan kemampuan regulasi diri mahasiswa. Mahasiswa melaporkan adanya peningkatan kepercayaan diri, minat belajar, serta perilaku belajar yang lebih proaktif ketika menggunakan ChatGPT secara reflektif. Namun, ketergantungan yang berlebihan terhadap ChatGPT juga menyebabkan penurunan kebiasaan eksploratif, pembelajaran yang bersifat permukaan, dan pergeseran motivasi ke arah yang lebih ekstrinsik. Studi ini menyimpulkan bahwa meskipun ChatGPT dapat berfungsi sebagai alat bantu motivasional dalam lingkungan akademik, integrasi yang efektif memerlukan literasi digital yang tinggi serta penggunaan yang sadar dan kritis oleh mahasiswa. Rekomendasi diberikan kepada para pendidik dan institusi untuk mendukung penggunaan AI yang etis, reflektif, dan sesuai dengan prinsip pedagogis dalam proses pembelajaran.

Dosen Pembimbing: Andi Wirantaka, S.Pd., M.Hum. | NIDN0526078601
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ChatGPT, learning motivation, self-determination theory, ARCS model, qualitative research, higher education, student autonomy
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Bima
Date Deposited: 14 Jul 2025 01:24
Last Modified: 14 Jul 2025 01:24
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51778

Actions (login required)

View Item View Item