ADE IRMA SURYANI (2025) THE IMPLEMENTATION OF FLIPPED CLASSROOM IN ENGLISH LANGUAGE LEARNING IN HIGHER EDUCATION. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (592kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (9kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (140kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi dan tantangan penggunaan model kelas terbalik dalam pembelajaran bahasa Inggris di pendidikan tinggi. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan, melibatkan empat dosen dari universitas Islam swasta di Yogyakarta yang memiliki pengalaman menerapkan metode kelas terbalik. Data dikumpulkan melalui wawancara terbuka dan dianalisis melalui transkripsi, pengecekan anggota, dan pengkodean. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa kelas terbalik diterapkan melalui tiga strategi utama: penggunaan video instruksional, integrasi berbagai teknologi seperti LMS dan aplikasi pendukung, dan penggabungan permainan edukatif untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Namun, beberapa tantangan muncul, termasuk keterbatasan teknologi dan akses internet, kurangnya kesiapan siswa untuk pembelajaran pra-kelas, dan peningkatan beban kerja dosen dalam mempersiapkan konten digital yang efektif. Penelitian ini merekomendasikan dukungan kelembagaan dan pelatihan guru untuk mengoptimalkan penerapan kelas terbalik dalam pendidikan bahasa Inggris. Kata kunci: kelas terbalik, pembelajaran bahasa Inggris, pendidikan tinggi, tantangan pembelajaran, teknologi pendidikan.
| Dosen Pembimbing: | Andi Wirantaka, S.Pd., M.Hum. | NIDN0526078601 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | flipped classroom, English language learning, higher education, learning challenges, educational technology |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 01:22 |
| Last Modified: | 14 Jul 2025 01:22 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51779 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
