ADE IRMA SURYANI (2025) THE IMPLEMENTATION OF FLIPPED CLASSROOM IN ENGLISH LANGUAGE LEARNING IN HIGHER EDUCATION. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (592kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi dan tantangan penggunaan model kelas terbalik dalam pembelajaran bahasa Inggris di pendidikan tinggi. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan, melibatkan empat dosen dari universitas Islam swasta di Yogyakarta yang memiliki pengalaman menerapkan metode kelas terbalik. Data dikumpulkan melalui wawancara terbuka dan dianalisis melalui transkripsi, pengecekan anggota, dan pengkodean. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa kelas terbalik diterapkan melalui tiga strategi utama: penggunaan video instruksional, integrasi berbagai teknologi seperti LMS dan aplikasi pendukung, dan penggabungan permainan edukatif untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Namun, beberapa tantangan muncul, termasuk keterbatasan teknologi dan akses internet, kurangnya kesiapan siswa untuk pembelajaran pra-kelas, dan peningkatan beban kerja dosen dalam mempersiapkan konten digital yang efektif. Penelitian ini merekomendasikan dukungan kelembagaan dan pelatihan guru untuk mengoptimalkan penerapan kelas terbalik dalam pendidikan bahasa Inggris. Kata kunci: kelas terbalik, pembelajaran bahasa Inggris, pendidikan tinggi, tantangan pembelajaran, teknologi pendidikan.

Dosen Pembimbing: Andi Wirantaka, S.Pd., M.Hum. | NIDN0526078601
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: flipped classroom, English language learning, higher education, learning challenges, educational technology
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Bima
Date Deposited: 14 Jul 2025 01:22
Last Modified: 14 Jul 2025 01:22
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51779

Actions (login required)

View Item View Item