AQILLAH ZALSABILLA (2025) ANALISIS SENSITIVITAS PARAMETER: PENGARUH MODULUS TANAH DASAR DAN KETEBALAN BALAS TERHADAP KINERJA JALAN KERETA API. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (870kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (19kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Di Indonesia penggunaan moda transportasi darat telah menjadi pilihan utama masyarakat untuk melakukan perjalanan. Moda transportasi darat, khususnya kereta api, menjadi pilihan utama masyarakat karena keunggulannya dalam daya angkut, efisiensi energi, dan bebas dari kemacetan. Penelitian ini berfokus pada kereta api babaranjang, yang memainkan peran penting dalam sistem transportasi barang, terutama dalam mengangkut batu bara dari daerah penghasil ke pelabuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sensitivitas berbagai parameter jalur rel, seperti beban gandar, ketebalan balas, modulus elastisitas balas, dan modulus elastisitas tanah dasar terhadap kinerja jalan kereta api. Metode yang digunakan adalah pemodelan dengan perangkat lunak KENTRACK, yang memungkinkan simulasi kinerja struktur jalan rel berdasarkan data literatur. Hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan beban gandar pada kereta api babaranjang menyebabkan peningkatan tegangan tekan pada tanah dasar sebesar 19% dan 16% dan penurunan umur pakai sebesar 48% dan 42%. Sebaliknya, peningkatan ketebalan balas berkontribusi pada penurunan tegangan tekan tanah dasar sebesar 13% dan 11% dan peningkatan umur pakai dari 69.2% ke 57%. Selain itu, peningkatan modulus balas meningkatkan kapasitas dukung dan umur pakai. Dan peningkatan modulus tanah dasar juga meningkatkan kapasitas dukung dan umur pakai Temuan ini memberikan wawasan penting untuk desain dan pemeliharaan infrastruktur kereta api, khususnya untuk kereta api babaranjang, guna mendukung efisiensi transportasi barang di Indonesia.

Dosen Pembimbing: Dian Setiawan M., Ir., S.T., M.Sc., Ph.D., A.M.ASCE. | NIDN0530078801
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Babaranjang train, Infrastructure, KENTRACK, Lifespan
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Bima
Date Deposited: 11 Jul 2025 02:45
Last Modified: 11 Jul 2025 02:45
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51780

Actions (login required)

View Item View Item