RENANDRI ABDILLAH RACHMAN (2025) ANALISIS PENGARUH BEBAN GANDAR, KECEPATAN, DAN TEBAL LAPISAN BALAS TERHADAP TEGANGAN TEKAN PADA TANAH DASAR JALAN REL KONVENSIONAL DENGAN PENDEKATAN MEKANISTIK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (21kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Kereta api merupakan moda utama dalam sistem transportasi nasional karena kapasitas angkut yang besar, efisiensi biaya, dan ramah lingkungan. Namun, keberlanjutan jalur rel sangat bergantung pada kondisi lapisan balas yang mengalami deformasi permanen akibat beban berulang dan faktor lingkungan tropis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi beban gandar, kecepatan kereta, ketebalan balas, dan modulus elastisitas terhadap deformasi permanen pada lapisan balas menggunakan pemodelan numerik tiga dimensi melalui perangkat lunak ABAQUS. Hasil simulasi menunjukkan bahwa semakin besar beban gandar, regangan dan deformasi meningkat secara signifikan. Peningkatan kecepatan kereta justru menurunkan deformasi karena distribusi beban lebih merata. Ketebalan balas yang lebih besar menghasilkan regangan yang lebih kecil, tetapi deformasi total lebih besar. Sementara itu, nilai modulus elastisitas yang tinggi mampu mengurangi regangan dan deformasi secara efektif. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan mekanistik mampu menggambarkan perilaku struktur jalan rel secara menyeluruh. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan teknis dalam perencanaan dan pemeliharaan jalur kereta api untuk meningkatkan kestabilan dan usia layanan infrastruktur rel.

Dosen Pembimbing: Dian Setiawan M., Ir., S.T., M.Sc., Ph.D., A.M.ASCE. | NIDN0530078801
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Railway structure, Compressive stress, ABAQUS, Permanent deformation, Ballast
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Bima
Date Deposited: 14 Jul 2025 01:21
Last Modified: 14 Jul 2025 01:21
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51781

Actions (login required)

View Item View Item