RENANDRI ABDILLAH RACHMAN (2025) ANALISIS PENGARUH BEBAN GANDAR, KECEPATAN, DAN TEBAL LAPISAN BALAS TERHADAP TEGANGAN TEKAN PADA TANAH DASAR JALAN REL KONVENSIONAL DENGAN PENDEKATAN MEKANISTIK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (21kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (639kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (16kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (711kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Kereta api merupakan moda utama dalam sistem transportasi nasional karena kapasitas angkut yang besar, efisiensi biaya, dan ramah lingkungan. Namun, keberlanjutan jalur rel sangat bergantung pada kondisi lapisan balas yang mengalami deformasi permanen akibat beban berulang dan faktor lingkungan tropis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi beban gandar, kecepatan kereta, ketebalan balas, dan modulus elastisitas terhadap deformasi permanen pada lapisan balas menggunakan pemodelan numerik tiga dimensi melalui perangkat lunak ABAQUS. Hasil simulasi menunjukkan bahwa semakin besar beban gandar, regangan dan deformasi meningkat secara signifikan. Peningkatan kecepatan kereta justru menurunkan deformasi karena distribusi beban lebih merata. Ketebalan balas yang lebih besar menghasilkan regangan yang lebih kecil, tetapi deformasi total lebih besar. Sementara itu, nilai modulus elastisitas yang tinggi mampu mengurangi regangan dan deformasi secara efektif. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan mekanistik mampu menggambarkan perilaku struktur jalan rel secara menyeluruh. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan teknis dalam perencanaan dan pemeliharaan jalur kereta api untuk meningkatkan kestabilan dan usia layanan infrastruktur rel.
| Dosen Pembimbing: | Dian Setiawan M., Ir., S.T., M.Sc., Ph.D., A.M.ASCE. | NIDN0530078801 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Railway structure, Compressive stress, ABAQUS, Permanent deformation, Ballast |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 01:21 |
| Last Modified: | 14 Jul 2025 01:21 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51781 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
