VIERDA AZZAHRAH (2025) EXPLORING THE USE OF MULTIMODAL READING COMPREHENSION AT SECONDARY SCHOOL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (705kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (295kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran multimodal dalam pemahaman bacaan telah digunakan untuk mendukung guru dalam mengajar bahasa Inggris dan membantu pemahaman siswa dalam pemahaman bacaan. Ada dua tujuan utama dari penelitian ini. Tujuan pertama adalah untuk mengetahui metode yang digunakan untuk mengeksplorasi pembelajaran multimodal yang mendalam dalam membaca pemahaman. Tujuan kedua adalah untuk mengetahui bagaimana guru memecahkan hambatan yang dihadapi dalam mengeksplorasi penggunaan pembelajaran multimodal di Sekolah Islam Swasta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data. Nama partisipan menggunakan nama samaran untuk menjaga identitas partisipan. Penelitian ini dilakukan di sebuah Sekolah Islam Swasta yang melibatkan dua partisipan yang merupakan guru bahasa Inggris di sekolah menengah yang sama. Para guru memiliki pengalaman yang berbeda, begitu juga dengan para siswa karena partisipasi yang mereka rasakan berbeda ketika guru menggunakan pembelajaran multimodal dalam membaca pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengeksplorasi media dan metode untuk mendukung pengajaran bahasa Inggris terutama dalam pemahaman membaca. Media tersebut adalah teks digital yang disematkan dengan audio, teks multimodal yang dicetak dengan video yang ditautkan dengan QR, dan menggunakan cerita kolaboratif seperti slideshow yang dinarasikan. Sementara itu, ada empat hambatan dari para guru yang mengeksplorasi pembelajaran multimodal dalam pemahaman membaca. Ada fasilitas pembelajaran dan hambatan teknis, dan guru sulit mengintegrasikan.
| Dosen Pembimbing: | Andi Wirantaka, S.Pd., M.Hum., | NIDN0526078601 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Multimodal learning, Exploring Multimodal learning, teachers’ obstacles using multimodal learning in reading comprehension |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 10 Jul 2025 06:42 |
| Last Modified: | 10 Jul 2025 06:42 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51786 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
