VIERDA AZZAHRAH (2025) EXPLORING THE USE OF MULTIMODAL READING COMPREHENSION AT SECONDARY SCHOOL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (705kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran multimodal dalam pemahaman bacaan telah digunakan untuk mendukung guru dalam mengajar bahasa Inggris dan membantu pemahaman siswa dalam pemahaman bacaan. Ada dua tujuan utama dari penelitian ini. Tujuan pertama adalah untuk mengetahui metode yang digunakan untuk mengeksplorasi pembelajaran multimodal yang mendalam dalam membaca pemahaman. Tujuan kedua adalah untuk mengetahui bagaimana guru memecahkan hambatan yang dihadapi dalam mengeksplorasi penggunaan pembelajaran multimodal di Sekolah Islam Swasta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data. Nama partisipan menggunakan nama samaran untuk menjaga identitas partisipan. Penelitian ini dilakukan di sebuah Sekolah Islam Swasta yang melibatkan dua partisipan yang merupakan guru bahasa Inggris di sekolah menengah yang sama. Para guru memiliki pengalaman yang berbeda, begitu juga dengan para siswa karena partisipasi yang mereka rasakan berbeda ketika guru menggunakan pembelajaran multimodal dalam membaca pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengeksplorasi media dan metode untuk mendukung pengajaran bahasa Inggris terutama dalam pemahaman membaca. Media tersebut adalah teks digital yang disematkan dengan audio, teks multimodal yang dicetak dengan video yang ditautkan dengan QR, dan menggunakan cerita kolaboratif seperti slideshow yang dinarasikan. Sementara itu, ada empat hambatan dari para guru yang mengeksplorasi pembelajaran multimodal dalam pemahaman membaca. Ada fasilitas pembelajaran dan hambatan teknis, dan guru sulit mengintegrasikan.

Dosen Pembimbing: Andi Wirantaka, S.Pd., M.Hum., | NIDN0526078601
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Multimodal learning, Exploring Multimodal learning, teachers’ obstacles using multimodal learning in reading comprehension
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Bima
Date Deposited: 10 Jul 2025 06:42
Last Modified: 10 Jul 2025 06:42
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51786

Actions (login required)

View Item View Item