AYUDIA RAHMADANI (2025) STUDENTS' PERCEPTION OF VLOGGING AS A MEDIA FOR LEARNING ENGLISH SPEAKING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)

Abstract

Studi ini mengeksplorasi persepsi siswa yang dihadapi siswa SMP dalam menggunakan vlogging sebagai media belajar berbahasa Inggris. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur dengan tiga siswa yang berpengalaman menggunakan vlog dalam proses pembelajaran mereka. Analisis mengungkapkan empat kategori utama tantangan: psikologis, pribadi, linguistik, dan teknis. Masalah psikologis termasuk kurangnya kepercayaan diri, takut membuat kesalahan, dan kecemasan ketika berbicara di depan kamera. Masalah pribadi muncul dalam bentuk gangguan selama rekaman dan kebosanan karena tugas yang berulang. Tantangan linguistik terkait dengan kesulitan tata bahasa dan kosakata yang terbatas, yang mempengaruhi kefasihan dan spontanitas. Masalah teknis melibatkan kualitas audio yang buruk, pencahayaan yang tidak memadai, dan ketidakbiasaan dengan alat editing, yang semuanya mengganggu proses produksi. Terlepas dari kendala tersebut, siswa mengakui potensi vlogging untuk meningkatkan keterampilan berbicara mereka. Temuan menunjukkan bahwa bimbingan yang tepat, dukungan emosional, dan pelatihan teknis dasar sangat penting untuk mengoptimalkan kegiatan berbicara berbasis vlog dalam pembelajaran bahasa.

Dosen Pembimbing: Andi Wirantaka, S.Pd., M.Hum. | NIDN0526078601
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: vlogging, speaking skill, student perception, qualitative study, English language learning
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Bima
Date Deposited: 10 Jul 2025 06:37
Last Modified: 10 Jul 2025 06:37
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51791

Actions (login required)

View Item View Item