AYUDIA RAHMADANI (2025) STUDENTS' PERCEPTION OF VLOGGING AS A MEDIA FOR LEARNING ENGLISH SPEAKING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (299kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (135kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (697kB) |
Abstract
Studi ini mengeksplorasi persepsi siswa yang dihadapi siswa SMP dalam menggunakan vlogging sebagai media belajar berbahasa Inggris. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur dengan tiga siswa yang berpengalaman menggunakan vlog dalam proses pembelajaran mereka. Analisis mengungkapkan empat kategori utama tantangan: psikologis, pribadi, linguistik, dan teknis. Masalah psikologis termasuk kurangnya kepercayaan diri, takut membuat kesalahan, dan kecemasan ketika berbicara di depan kamera. Masalah pribadi muncul dalam bentuk gangguan selama rekaman dan kebosanan karena tugas yang berulang. Tantangan linguistik terkait dengan kesulitan tata bahasa dan kosakata yang terbatas, yang mempengaruhi kefasihan dan spontanitas. Masalah teknis melibatkan kualitas audio yang buruk, pencahayaan yang tidak memadai, dan ketidakbiasaan dengan alat editing, yang semuanya mengganggu proses produksi. Terlepas dari kendala tersebut, siswa mengakui potensi vlogging untuk meningkatkan keterampilan berbicara mereka. Temuan menunjukkan bahwa bimbingan yang tepat, dukungan emosional, dan pelatihan teknis dasar sangat penting untuk mengoptimalkan kegiatan berbicara berbasis vlog dalam pembelajaran bahasa.
| Dosen Pembimbing: | Andi Wirantaka, S.Pd., M.Hum. | NIDN0526078601 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | vlogging, speaking skill, student perception, qualitative study, English language learning |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 10 Jul 2025 06:37 |
| Last Modified: | 10 Jul 2025 06:37 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51791 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
