ADINDA NURUL INAYAH (2025) ANALISIS KESELAMATAN JALAN PADA RUAS JALAN DEMAKIJO – KEBON AGUNG 1 KM 11,6 – KM 14,5, KAPUBATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (140kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (128kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (703kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (758kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Ruas jalan Demakijo–Kebon Agung 1 di Kabupaten Sleman merupakan salah satu jalur alternatif utama yang menghubungkan wilayah Yogyakarta dengan Sleman dan Kulon Progo. Tingginya volume kendaraan serta jumlah kecelakaan yang tercatat pada ruas jalan ini mendorong perlunya dilakukan analisis keselamatan jalan secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi keselamatan jalan pada ruas Km 11,6 – Km 14,5 dengan mengkaji karakteristik kecelakaan, kondisi geometrik jalan, kecepatan kendaraan, dan potensi konflik lalu lintas. Metode yang digunakan meliputi audit keselamatan jalan mengacu pada Pedoman Bina Marga 2024, pengukuran kecepatan kendaraan menggunakan speed gun, serta analisis potensi konflik melalui pendekatan Traffic Conflict Technique (TCT). Data kepolisian menunjukkan bahwa sepeda motor menjadi kendaraan yang paling sering terlibat kecelakaan (81%), dengan jenis kecelakaan dominan berupa tabrakan depansamping (30%). Kecepatan kendaraan yang melintas di luar jam sibuk menunjukkan nilai persentil ke-85 yang relatif tinggi (50-59 km/jam), yang berkorelasi dengan peningkatan potensi konflik lalu lintas. Selain itu, hasil dari Audit Keselamatan Jalan menunjukkan beberapa ketidaksesuaian fasilitas terhadap standar keselamatan yang berlaku, seperti lebar bahu jalan dan kondisi simpang tak bersinyal. Penelitian ini memberikan rekomendasi peningkatan keselamatan melalui perbaikan fasilitas jalan dan pengendalian kecepatan, khususnya di area simpang rawan konflik.
| Dosen Pembimbing: | Noor Mahmudah, Dr. Ir., S.T., M.Eng., IPM., ASEAN Eng. | NIDN0003107001 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Sleman, road safety, safety audit, speed, traffic conflict, TCT |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 10 Jul 2025 06:36 |
| Last Modified: | 10 Jul 2025 06:36 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51793 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
