DWI SUCI AMALIA (2025) ANALISIS KESELAMATAN JALAN PADA JALAN DEMAKIJO - KEBON AGUNG 1 KM 6,1 – KM 8,9 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (976kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (78kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
Abstract
Pertumbuhan jumlah penduduk dan kendaraan di Daerah Istimewa Yogyakarta mendorong peningkatan mobilitas yang secara langsung berkontribusi terhadap tingginya risiko kecelakaan lalu lintas, terutama pada jalan provinsi seperti ruas Jalan Demakijo – Kebon Agung 1 Km 6,1 – Km 8,9. Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat keselamatan jalan pada ruas tersebut dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan metode Audit Keselamatan Jalan (AKJ) dan Traffic Conflict Technique (TCT), serta pengukuran kecepatan kendaraan secara langsung menggunakan speed gun. Data yang dikumpulkan mencakup identifikasi karakteristik kecelakaan dari tahun 2021–2024, audit keselamatan jalan, volume lalu lintas, kecepatan setempat, serta pola konflik di simpang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecelakaan melibatkan sepeda motor sebanyak 59%, dengan jenis kecelakaan yang dominan berupa tabrak depan-samping sebanyak 31%. Audit keselamatan jalan mengungkapkan beberapa kondisi yang tidak memenuhi Pedoman Bina Marga No. 03/P/BM/2024, seperti marka jalan yang pudar, pencahayaan kurang, dan pengaruh silau cahaya matahari. Selain itu, kecepatan 85 persentil kendaraan tertinggi sebesar 40 km/jam menunjukkan nilai yang tepat di batas maksimal kecepatan sebesar 40 km/jam, serta konflik serius lebih sering terjadi di simpang tak bersinyal. Penelitian ini mengintegrasikan data konflik di simpang dengan kecepatan serta audit secara menyeluruh, sehingga menghasilkan kesimpulan yang komprehensif untuk memberikan rekomendasi teknis dalam upaya meningkatkan keselamatan lalu lintas jalan.
| Dosen Pembimbing: | Noor Mahmudah, Dr. Ir., S.T., M.Eng., IPM., ASEAN Eng. | NIDN0003107001 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Road safety, speed, conflict, intersection, Sleman |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 10 Jul 2025 06:35 |
| Last Modified: | 10 Jul 2025 06:35 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51794 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
