TRI AGUSTI NINGSIH (2025) ANALISIS KESELAMATAN JALAN PADA RUAS JALAN DEMAKIJO – KEBON AGUNG 1 KM 8,9 - KM 11,6 KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia, termasuk di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, menjadi perhatian serius, terutama pada ruas-ruas jalan dengan kondisi geometrik yang kompleks dan lalu lintas padat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keselamatan jalan pada ruas Jalan Demak Ijo– Kebon Agung 1 Km 8,9 – Km 11,6 di Kabupaten Sleman, dengan pendekatan evaluasi menyeluruh terhadap karakteristik kecelakaan, kondisi geometrik jalan, kecepatan kendaraan, dan konflik lalu lintas. Metode yang digunakan meliputi Audit Keselamatan Jalan (AKJ) sesuai Pedoman Bina Marga No. 03/P/BM/2024, pengukuran kecepatan kendaraan menggunakan speed gun, serta observasi konflik dengan metode Traffic Conflict Technique (TCT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kecelakaan yang paling dominan adalah tabrak depan-samping (DS) sebesar 30% dan melibatkan sepeda motor sebagai jenis kendaraan yang paling sering terlibat kecelakaan dengan angka 62%. Mayoritas korban mengalami luka ringan sebesar 95%. Kecepatan kendaraan menunjukkan kecenderungan tertinggi pada rentang 20–39 km/jam, dan sebanyak 201 konflik serius terjadi pada persimpangan tanpa sinyal. Beberapa faktor penyebab kecelakaan antara lain tidak adanya marka jalan, penerangan yang minim, serta lanskap jalan yang terganggu vegetasi. Penelitian ini merekomendasikan penambahan fasilitas penyeberangan, pemeliharaan marka dan penerangan jalan, serta perbaikan geometrik pada titik rawan konflik. Secara keseluruhan, studi ini diharapkan dapat menjadi dasar pertimbangan dalam pengambilan kebijakan peningkatan keselamatan lalu lintas di kawasan studi.

Dosen Pembimbing: Noor Mahmudah, Dr. Ir., S.T., M.Eng., IPM., ASEAN Eng. | NIDN0003107001
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Accident, Speeding, Road Safety, TCT, Sleman
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Bima
Date Deposited: 10 Jul 2025 06:35
Last Modified: 10 Jul 2025 06:35
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51795

Actions (login required)

View Item View Item