TRI AGUSTI NINGSIH (2025) ANALISIS KESELAMATAN JALAN PADA RUAS JALAN DEMAKIJO – KEBON AGUNG 1 KM 8,9 - KM 11,6 KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (261kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (865kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia, termasuk di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, menjadi perhatian serius, terutama pada ruas-ruas jalan dengan kondisi geometrik yang kompleks dan lalu lintas padat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keselamatan jalan pada ruas Jalan Demak Ijo– Kebon Agung 1 Km 8,9 – Km 11,6 di Kabupaten Sleman, dengan pendekatan evaluasi menyeluruh terhadap karakteristik kecelakaan, kondisi geometrik jalan, kecepatan kendaraan, dan konflik lalu lintas. Metode yang digunakan meliputi Audit Keselamatan Jalan (AKJ) sesuai Pedoman Bina Marga No. 03/P/BM/2024, pengukuran kecepatan kendaraan menggunakan speed gun, serta observasi konflik dengan metode Traffic Conflict Technique (TCT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kecelakaan yang paling dominan adalah tabrak depan-samping (DS) sebesar 30% dan melibatkan sepeda motor sebagai jenis kendaraan yang paling sering terlibat kecelakaan dengan angka 62%. Mayoritas korban mengalami luka ringan sebesar 95%. Kecepatan kendaraan menunjukkan kecenderungan tertinggi pada rentang 20–39 km/jam, dan sebanyak 201 konflik serius terjadi pada persimpangan tanpa sinyal. Beberapa faktor penyebab kecelakaan antara lain tidak adanya marka jalan, penerangan yang minim, serta lanskap jalan yang terganggu vegetasi. Penelitian ini merekomendasikan penambahan fasilitas penyeberangan, pemeliharaan marka dan penerangan jalan, serta perbaikan geometrik pada titik rawan konflik. Secara keseluruhan, studi ini diharapkan dapat menjadi dasar pertimbangan dalam pengambilan kebijakan peningkatan keselamatan lalu lintas di kawasan studi.
| Dosen Pembimbing: | Noor Mahmudah, Dr. Ir., S.T., M.Eng., IPM., ASEAN Eng. | NIDN0003107001 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Accident, Speeding, Road Safety, TCT, Sleman |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 10 Jul 2025 06:35 |
| Last Modified: | 10 Jul 2025 06:35 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51795 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
