HIKMATUD DIYANA (2025) STRATEGI PROMOSI PRODUK BASRENG FACTORY MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @BASRENGFACTORY DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) |
|
|
Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (975kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
|
|
Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) |
Abstract
Penelitian ini menjelaskan strategi promosi yang dilakukan Basreng Factory melalui media Instagram untuk meningkatkan jumlah pelanggan. Instagram dipilih sebagai media utama promosi karena kemampuannya dalam membangun interaksi dan insight sejak awal bisnis. Strategi promosi yang dilakukan bersifat organik, dimulai dari konten-konten spontan yang ternyata mampu membangun keterlibatan audiens. Namun, dalam perjalanannya terdapat beberapa tantangan, seperti kurangnya inovasi konten, belum optimalnya manajemen komunikasi dengan pelanggan, serta minimnya penilaian berbasis data. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode wawancara, penelitian ini menemukan bahwa untuk dapat meningkatkan jumlah pelanggan secara signifikan, Basreng Factory perlu menerapkan strategi pengelolaan Instagram yang lebih terstruktur, kreatif, responsif, serta memanfaatkan fitur-fitur pemasaran digital secara maksimal. Temuan ini menggambarkan betapa pentingnya optimalisasi media sosial sebagai alat promosi dalam membangun pertumbuhan pelanggan pada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
| Dosen Pembimbing: | Sovia Sitta Sari, S.IP., M.Si. | NIDN0503036901 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Promotion Strategy, Instagram, Customer Acquisition |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 09 Jul 2025 05:35 |
| Last Modified: | 09 Jul 2025 05:35 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51802 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
