HIKMATUD DIYANA (2025) STRATEGI PROMOSI PRODUK BASRENG FACTORY MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @BASRENGFACTORY DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bukti Sumbangan Buku Wisudawan] Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[thumbnail of Letter of Accepted] Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (975kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan strategi promosi yang dilakukan Basreng Factory melalui media Instagram untuk meningkatkan jumlah pelanggan. Instagram dipilih sebagai media utama promosi karena kemampuannya dalam membangun interaksi dan insight sejak awal bisnis. Strategi promosi yang dilakukan bersifat organik, dimulai dari konten-konten spontan yang ternyata mampu membangun keterlibatan audiens. Namun, dalam perjalanannya terdapat beberapa tantangan, seperti kurangnya inovasi konten, belum optimalnya manajemen komunikasi dengan pelanggan, serta minimnya penilaian berbasis data. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode wawancara, penelitian ini menemukan bahwa untuk dapat meningkatkan jumlah pelanggan secara signifikan, Basreng Factory perlu menerapkan strategi pengelolaan Instagram yang lebih terstruktur, kreatif, responsif, serta memanfaatkan fitur-fitur pemasaran digital secara maksimal. Temuan ini menggambarkan betapa pentingnya optimalisasi media sosial sebagai alat promosi dalam membangun pertumbuhan pelanggan pada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Dosen Pembimbing: Sovia Sitta Sari, S.IP., M.Si. | NIDN0503036901
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Promotion Strategy, Instagram, Customer Acquisition
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Bima
Date Deposited: 09 Jul 2025 05:35
Last Modified: 09 Jul 2025 05:35
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/51802

Actions (login required)

View Item View Item